Breaking News

Peringati Hari Koperasi, Bupati Tuban Pimpin Jambore Galaksi


Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky bersama peserta Jambore Galaksi di kawasan Pantai Panduri.


Tuban, reporter.com - Peringatan Hari Koperasi ke-78, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky memimpin Jambore Gelar Kreasi Pemuda Koperasi (Galaksi) yang dilaksanakan di Pantai Panduri Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Senin (7/8/2023).


Selain pimpin apel, Bupati Tuban juga ikut melaksanakan penanaman pohon dengan diikuti oleh jajaran Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, Kepala OPD, perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Ketua Dekopin Tuban dan Jatim, perbankan, perusahaan, Forkopimka Kecamatan Jenu, Peserta Jambore Galaksi, serta pelaku koperasi dari seluruh Kecamatan.


Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, koperasi adalah solusi kongkrit dari semua masalah, salah satunya yaitu kemiskinan. Sebab koperasi berasas dari anggota untuk anggota.


“Ada prinsip demokrasi dan kebersamaan, yakni gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan didalamnya,” ucap Bupati Tuban.


Mas Lindra sapanya menambahkan, koperasi dapat mengembangkan potensi ekonomi rakyat sekaligus dapat menjalankan peran sebagai pemutus mata rantai kesenjangan sosial di kalangan masyarakat.  


“Untuk itu, koperasi yang ada di Kabupaten Tuban harus terus berkembang melalui penguatan manajemen, modal hingga update program lainnya,” tambahnya.


Ia juga memberikan apresiasi terkait dengan perkembangan koperasi di Kabupaten Tuban. Sehingga, diharapkan ada keterlibatan anak muda dalam menjalankan koperasi.


“Dari kegiatan Jambore Galaksi ini bisa terus berkembang menjadi embrio terbentuknya koperasi yang berbasis digital, maju dan dapat menyejahterakan keluarga dan masyarakat,” kata dia.


Lindra berpesan kepada seluruh peserta jambore agar menjadi anak muda yang berani mengambil langkah dan sikap. “Saya pesan kepada adik-adik semua, jangan takut untuk memulai. Jadilah bintang yang memberi terang dikegelapan. Meskipun kecil, tapi dia tetap memberi cahaya di kegelapan,” timpalnya.


Sebagai informasi, kegiatan Jambore Galaksi (Gelar Kreasi Pemuda Koperasi) diikuti oleh 150 siswa-siswi dari 30 SMA sederajat se-Kabupaten Tuban yang dilaksanakan mulai 5-7 Agustus 2023 di tempat yang sama.


Adapun rangkaian acara Jambore tersebut yakni : perlombaan penyuluhan koperasi, produk kreativitas siswa, outbound, akustik fast, kompetisi video harapan dan solusi untuk Tuban, serta parade yel-yel koperasi.


(Red*Tim)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini