Breaking News

Paloh Buka Suara soal Cawapres Anies Belum Dideklarasikan, Tepis Tolak AHY


Jakarta, reporter.com - Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh menegaskan pengumuman sosok bacawapres pendamping Anies Baswedan tinggal menunggu waktu. Paloh menyebut sampai saat ini Anies masih terus mengikuti perkembangan dinamika politik sebelum mendeklarasikan bacawapresnya.

"Bung Anies sudah dicalonkan secara resmi, dideklarasikan, keputusan diambil bersama untuk memberikan kepercayaan sepenuhnya pada Bung Anies untuk memutuskan. Waktu, timing yang tepat, sambil melihat-lihat. Toh bukan hanya Mas Anies yang jadi calon, ada Mas Prabowo, ada Mas Ganjar," kata Paloh usai bertemu dengan Anies dan tim 8 di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2023) malam.

Paloh membantah lamanya proses penentuan bacawapres Anies lantaran adanya penolakan terhadap sosok Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk diusung. "Bukan itu, pasti bukan (deklarasi bacawapres belum dilakukan lantaran menolak AHY). Saya nggak mengerti juga sampai datang pemikiran seperti itu. Artinya bagaimana pun sampai saat ini optimisme yang cukup tinggi dari tiga partai koalisi pendukung Mas Anies. Jadi masih terjaga dengan baik. Jadi tidak ada masalah," kata Paloh.

Lebih lanjut, Paloh menegaskan tak ada desakan dari partai mitra di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) terhadap dirinya agar segera menentukan siapa sosok bacawapres Anies. Dia membantah NasDem diultimatum oleh Demokrat soal desakan deklarasi bacawapres Anies.

"Pada saya tidak ada (desakan). Kalau pada kawan-kawan lain PKS, misalnya, saya tidak paham," kata Paloh.

"Masak saya diultimatum? Nggak, nggak mungkinlah itu," imbuhnya.

Seperti diketahui, Anies bertemu dengan Surya Paloh dan Tim 8, semalam. Anies menyebut pertemuan itu merupakan pertemuan rutin untuk menceritakan perkembangan di wilayah masing-masing.

Berdasarkan foto yang diterima, pertemuan itu terlihat berlangsung di sebuah ruangan. Tampak Anies duduk di barisan paling depan dengan mengenakan batik bernuansa coklat. Tokoh-tokoh lain yang hadir antara lain Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, Ketua DPP PKS Almuzammil Yusuf, Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto, hingga Sudirman Said.

Pertemuan antara Anies, Surya Paloh, dan Tim 8 ini berlangsung beberapa jam. Setelah pertemuan, Anies menjelaskan isi pertemuan tersebut.

"Jadi tadi kita melakukan pertemuan rutin yang biasa kita kerjakan, update masing-masing menceritakan perkembangan yang terjadi di kawasan masing-masing, baik Nasdem, demokrat, PKS dan progresnya sangat menggembirakan," kata Anies kepada wartawan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (23/8).

Anies menerangkan kegembiraannya lantaran ada pencapaian yang diraih dari partai pendukung. Dia berharap keberhasilan ini dapat terus dijaga.

"Kita bersyukur dengan capaian-capaian yang dilakukan teman-teman koalisi ini, jadi tadi pembicaraannya adalah bagaimana kita mendorong lebih jauh agar gerakan perubahan ini, ikhtiar perubahan, ini makin luas jangkauan, makin besar simpati dan kepercayaan dari masyarakat," kata Anies.(red.nr)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini