Breaking News

Ngeri! Jokowi: Semua Negara Kini Pada Posisi Sulit


Jakarta, reporter.web.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Pimpinan Nasional Jaringan Kemandirian Nasional di Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023). Jokowi mengungkapkan saat ini semua negara pada posisi tidak mudah.

"Tadi disampaikan mengenai urusan tahun politik. Saya ingin menyampaikan terlebih dahulu mengenai bahwa semua negara sekarang ini pada posisi yang tidak mudah. Semua negara pada posisi yang sangat sulit, semua negara," kata Jokowi dalam pidatonya.

Ia mencontohkan seperti di Amerika hingga Eropa dalam posisi sulit, terlihat dari pertumbuhan ekonomi, inflasi, maupun harga - harga yang cenderung tinggi. Bahkan, lanjut Jokowi, di Eropa saat ini harga energi seperti listrik, gas, dan bensin naik mencapai 700%.

"Bayangkan naik 700%, di sini naik 10-15% demonya tiga bulan. Itu 700% coba mau demo berapa tahun. Betapa sangat sulit nya, harga pangan naik dua kali, Naik 50%," katanya.

Sehingga ia mengingatkan Indonesia masih harus bersyukur karena tingkat inflasi masih bisa dikendalikan pada angka 3,1%, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II masih tumbuh 5,17% dan masuk terbaik 3 dunia.

"Ekonomi yang baik sekarang ini yang di G20, Indonesia, India, RRT, yang lain-lain sangat berat, dunia penuh tantangan baik itu krisis pangan, krisis energi, baik geopolitiknya, negara - negara banyak konflik," kata Jokowi.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini