Breaking News

Musim Kemarau, Dua Desa di Jombang Rentan Kekeringan

Jombang, reporter.com - rentan kekeringan. Meskipun jumlah desa yang terkena dampak ini mengalami penurunan drastis dibandingkan beberapa tahun sebelumnya yang mencapai belasan desa.


Dua desa yang rawan kekeringan adalah Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, dan Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jombang, Syamsul Bahri, pada Kamis (3/8/2023).


Meskipun berpotensi mengalami kekeringan, hingga saat ini dua wilayah tersebut belum mengajukan permohonan droping air bersih. Artinya, situasi di kawasan tersebut masih terkendali. “Kami mengimbau agar desa-desa yang kekurangan pasokan air bersih untuk segera mengajukan permintaan ke BPBD,” tambah Syamsul.


Syamsul menjelaskan bahwa desa-desa yang mengalami krisis air bersih dapat mengajukan bantuan kepada BPBD setempat. Caranya, kepala desa harus membuat surat permohonan droping air bersih yang menyertakan daftar keluarga yang terdampak.


Setelah itu, BPBD akan menindaklanjuti permohonan tersebut dengan mengirimkan bantuan air bersih yang layak untuk dikonsumsi oleh daerah yang membutuhkan. “Hingga saat ini, belum ada desa yang mengajukan permohonan tersebut,” ujar Syamsul.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini