Breaking News

Mengenal Warga Nagari Air Bangis Sumatera Barat yang Viral Karena Warganya Diamankan di Masjid Raya Sumbar


Nagari Air Bangis akhir-akhir ini menjadi perbincangan karena insiden penangkapan warganya di Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar). (Dok Kemenparekraf)



SUMATRA, reporter.com - Nagari Air Bangis akhir-akhir ini menjadi perbincangan karena insiden penangkapan warganya di Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar). Berawal dari kegiatan sholawat yang diadakan di Masjid Raya Sumbar, kemudian Wakil Bupati Pasaman Barat mengajak warga untuk pulang ke Air Bangis, akan tetapi warga menolak dan terjadi insiden penangkapan tersebut.


Seperti dikutip dari website resmi Kemenparekraf RI, Air Bangis adalah sebuah Nagari atau sebuah distrik yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Nagari ini merupakan satu-satunya Nagari yang berada di wilayah administratif Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat.


Luas Nagari Air Bangis sama dengan luas wilayah Kecamatan Sungai Beremas karena berada di wilayah administratif yang sama dengan kecamatan tersebut.


Secara geografis Nagari Air Bangis merupakan daerah pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia disebelah selatan, sebelah utara berbatasan langsung dengan Kecamatan Ranah Batahan, sebelah barat Nagari tersebut berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara, dan sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Koto Balingka.


Berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia membuat Nagari Air Bangis memiliki potensi wisata bahari yang menarik wisatawan. Potensi wisata bahari yang melimpah menjadikan Nagari Air Bangis sebagai desa wisata.


Destinasi wisata yang menjadi andalan Nagari tersebut diantaranya Taman Nagari Pantai Air Bangis, Pantai Tugu, Wisata Pulau, Wisata Hutan Mangrove dan wisata bahari lainnya.


Desa Wisata Nagari Air Bangis menawarkan beragam pilihan paket wisata dan oleh-oleh untuk para pengunjung. Selain wisata bahari yang cukup beragam, desa wisata tersebut juga menawarkan wisata budaya berupa Tari Pilin Salapan dan kesenian Basiram.


Wisata kuliner Desa Wisata Nagari Air Bangis juga dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan yang datang, kuliner ikonik dari tempat tersebut yakni Gulai Hiu dan ikan asin talang. Sejak tahun 2002 Nagari Air Bangis dijadikan sebagai pusat pariwisata oleh pemerintah setempat.


(Red*Efr)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini