Breaking News

Mainkan Musik Tradisional Tiongkok, Mahasiswa UK Petra Raih Juara di Beijing



Surabaya, reporter.com - Sebanyak 7 mahasiswa Chinese Department Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya meraih juara 2 di ajang The 1st Chinese Cultural Practical Competition di Beijing.

Tujuh mahasiswa itu tergabung dalam Jiufenghua Band. Mereka berhasil menang di kategori Musik Tradisional Tionghoa. Di situ mereka memainkan guzheng, alat musik tradisional asal Tiongkok.

Jessica Nondolesmono, pembimbing grup band itu mengungkapkan bahwa tak mudah untuk mendapatkan juara di ajang internasional ini. Banyak persiapan yang dilakukan dengan serius dan intens.

Ia mengatakan, timnya mulai intens latihan sejak April 2023 lalu. Mulanya, untuk persiapan lomba nasional mereka berlatih setiap hari selama dua hingga tiga jam lamanya.

“Kemudian saat menghadapi kompetisi internasional, latihan ditambah menjadi lima hingga enam jam setiap harinya,” ujar Jessica, Kamis (10/8/2023).

Menurutnya, prestasi yang diraih oleh Jiufenghua Band ininmerupakan bukti totalitas mahasiswa dalam mempelajari bidang ilmu tertentu, dalam hal ini, sastra dan budaya Tionghoa.

Harapannya, prestasi ini dapat memberi inspirasi bagi pemuda dan remaja lain untuk lebih mempelajari budaya, termasuk alat musik tradisional Guzheng.

Anggota Jiufenghua Band itu, antara lain Gracelyne Christabel Halim, Jazllyn Ellena Sindarto, Daniella Yosia Wibisono, Angeline Vivian Tanjaya, Janice Felicia Sugiyanto, Gloria Jessica Ignacia, dan Jocelyn Trisha Gunardi. (red.IY)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini