Breaking News

Mahfud MD: 99% Pemilu Sudah Siap, Ancaman Polarisasi 56%



Menko Polhukam Mahfud MD di Westin Hotel

Surabaya, reporter.com - Menkopolhukam RI, Mahfud MD menegaskan Pemilu 2024 yang akan dilangsungkan pada 14 Februari 2024 sudah siap.


“Bahwa Pemilu tahun 2024 itu Insya Allah 99 persen sudah siap dan jadi,” tegasnya kepada wartawan ditemui usai acara Forum Diskusi Sentra Gakkumdu dengan tema ‘Wujudkan Pemilu Bersih’ di Wilayah Hukum Jawa Timur, di The Westin Surabaya, Selasa (8/8/2023).


Mahfud mengaku telah berkeliling untuk memantau perkembangan serta persiapan terkini ke daerah-daerah di Indonesia yang Pemilu pada periode sebelumnya meriah. Salah satunya ialah Jawa Timur.


“Untuk membekali petugas dan rakyat agar dilaksankan Pemilu berkualitas, kami keliling ke berbagai tempat yang Pemilunya meriah. Seperti di Jawa Timur,” katanya.


Dalam kunjungannya, Mahfud mengingatkan sejumlah kerawanan yang masih akan mengancam Pemilu 2024 mendatang. Menurut data yang dipegangnya, ada ancaman polarisasi sebesar 56 persen.


“Bentuknya kebohongan, pencemaran nama baik, bahkan politik identitas. Yang berbahaya juga adalah penyebaran hoaks,” ujarnya.


Politik identitas inilah yang menjadi catatan khusus Mahfud. Karena hal itu berpotensi memecah belah masyarakat. Menurut dia, politik identitas berbeda dengan identitas politik.


“Identitas politik, seperti Jawa, Madura, Bugis (dan lain-lain), ini boleh tapi jangan jadi hal utama untuk mendiskreditkan orang lain. Kalau dipakai mendeskreditkan, namanya politik identitas,” pungkasnya.


(Red*Tim)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini