Breaking News

Lapas Kelas II B Lamongan Overload, Dihuni 700 Orang


Kondisi Lapas Lamongan saat dikunjungi Komandan Sub Denpom V/2-3 Lamongan.

Lamongan, reporter.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Lamongan mengalami kelebihan kapasitas atau overload. Hingga kini, Lapas tersebut setidaknya telah menampung sebanyak 700 orang.


Hal itu seperti yang dikatakan oleh Kasat Pengamanan Lapas Lamongan Andi Eko Sutrisno. Menurutnya, jumlah isi hunian di Lapas Lamongan saat ini adalah 700 orang. Padahal, sebenarnya kapasitas Lapas itu hanya mampu menampung 215 orang saja.


“Jumlah penghuni tahanan segitu itu tidak sebanding dengan jumlah penjaga kami,” ujar Andi, ditulis Sabtu (4/8/2023).


Atas kondisi itu, Andi menuturkan, Lapas Lamongan memerlukan dukungan penuh dan kolaborasi dengan beberapa instansi lain, baik pemerintah maupun swasta.


“Termasuk kami juga perlu dukungan penuh dari Sub Denpom dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Lapas,” kata Andi.


BACA JUGA: Proyek MPP Ngawi Minus 4,5 Persen, Ini Penyebabnya


Dukungan dari Sub Denpom itu secara simbolis diwujudkan dengan pertemuan antara pihak Lapas Kelas II B Lamongan dengan Komandan Sub Denpom (Detasemen Polisi Militer) V/2-3 Lamongan Kapten CPM Puguh A.S, pada Rabu (2/8/2023) lalu.


Dijelaskan oleh Andi, tujuan diadakannya pertemuan tersebut adalah sebagai langkah awal dalam menjalin sinergitas dan kolaborasi antar birokrasi pemerintah.


Andi berharap, ke depan jalinan sinergitas ini bisa semakin baik dan Sub Denpom V/2-3 Lamongan diharapkan semakin rutin sambang Lapas Lamongan, sehingga pengamanan di Lapas bisa berlapis.


“Tentu bentuk pemerintahan kolaboratif. Jika dalam konsep pentahelix Governance, kami menyentuh dimensi keempat, yakni kolaborasi antar government. Tujuannya ringkas, saling mensupport kebutuhan birokrasi, dalam hal ini pengamanan sekunder,” bebernya.


Dalam kesempatan yang sama, Komandan Sub Denpom Lamongan CPM Puguh A.S mengapresiasi adanya pertemuan tersebut. Dia berkata, pertemuan ini merupakan langkah awal yang baik bagi Lapas Lamongan dalam menciptakan situasi yang kondusif dan aman dari gangguan Kamtib.


“Kunjungan kami ke Lapas ini dalam rangka meningkatkan koordinasi, sinergi dan kebersamaan antara Lapas Lamongan dengan Sub Denpom V/2-3 Lamongan mengenai antisipasi deteksi dini gangguan ketertiban dan keamanan,” tutur Kapten CPM Puguh usai melihat kondisi blok hunian sekaligus menyapa para penghuni.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini