Breaking News

Kosong 2 Pekan, Kabupaten Blitar kini Terima 2000 Keping Blangko e-KTP

 

Blitar, reporter.com - Setelah dua pekan kosong, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar, akhirnya mendapatkan pasokan blangko e-KTP. Sayang, jumlahnya hanya 2 ribu keping alias tidak cukup untuk memenuhi permintaan KTP elektronik di Kabupaten BLitar.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, Adi Sulaksono mengatakan, saat ini sudah ada blangko e-KTP. Ada 2 ribu keping yang belum lama ini diambil oleh tim administrasi manajemen (admen) dari Jakarta.

“Ya, kami hanya mendapatkan 2 ribu keping saja. Ribuan keping itu dimaksimalkan dulu. Bila sudah habis, kami akan ke Jakarta untuk ambil lagi. Agar pencetakan e-KTP bisa segera terlayani hingga secukupnya,” ujar Adi saat ditemui.

Ribuan keping yang telah diambil ini digunakan untuk percetakan e-KTP yang sudah diajukan. Selain itu juga untuk melayani pengajuan e-KTP yang statusnya sudah print ready record (PRR) atau masuk dalam daftar tunggu (waiting list).

Dispendukcapil pun memprediksi 2 ribu keping hanya akan cukup untuk proses pencetakan e-KTP dalam satu pekan ini saja. Maka dari itu, Dispendukcapil Kabupaten Blitar kembali bersiap mengirim tim admen ke Jakarta untuk mengambil blangko e-KTP.

“Namun untuk jumlah pastinya tergantung pengadaan dari pihak Dirjen Dukcapil. Rata-rata tiap kami ambil ke Jakarta itu 2 ribu keping. Hal itu tidak menjadi masalah jika setiap kali ambil keping sudah disediakan oleh pusat,” ungkapnya.

Jadwal untuk mengambil pasokan blangko e-KTP ke pusat ini belum bisa dipastikan. Itu tergantung kebutuhan perekaman e-KTP. Jika kebutuhan banyak dan stok menipis, seminggu sekali mengambil blangko ke Jakarta. Namun bila stoknya banyak, dimungkinkan dua minggu hingga sebulan sekali pengambilan ke pusat.

Jauh sebelum terjadi kelangkaan selama beberapa bulan terakhir ini, Dispendukcapil Kabupaten Blitar pernah menerima 20 ribu keping blangko e-KTP dari pusat. Namun lambat laun jatah dari pusat menyusut. Akibatnya, kelangkaan blangko e-KTP pun sering terjadi di Bumi Bung Karno.

“Syukurnya untuk sementara ini tidak ada kendala dalam perekaman e-KTP. Namun, kami berharap stok blangko e-KTP dari pusat bisa melimpah dan cukup untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Blitar,” tutupnya. (red.IY)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini