Breaking News

Jajal LRT Jabodebek yang Jalan Tanpa Masinis, Sri Mulyani: Deg-degan!

Jakarta, reporter.web.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pagi ini ikut menjajal LRT Jabodebek dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sri Mulyani ikut rombongan peresmian LRT Jabodebek yang berangkat dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Cawang.

Ketika ditanya soal kesannya naik LRT Jabodebek, Sri Mulyani mengaku deg-degan. Pasalnya, kereta ringan yang satu ini melaju tanpa masinis.

Meski mengaku deg-degan, Sri Mulyani tetap pede teknologi yang dipasang di LRT Jabodebek bisa digunakan secara optimal.

"Saya tentu excited sambil deg-degan, karena kita kan terbiasa, dalam pengalaman pribadi saya kalau naik kereta api itu selalu ada masinisnya. Dengan teknologi ini dikelola dengan baik, keamanan, keselamatan, dan ketepatan waktunya bisa dijaga dengan baik," ungkap Sri Mulyani dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/8/2023).

"Ini pelajaran bahwa teknologi pecahkan persoalan masyarakat dan bisa manfaat dengan maksimal," lanjutnya.

Perlu diketahui, LRT Jabodebek akan dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3.

Sistem CBTC adalah sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis dari pusat kendali operasi serta tanpa masinis.

Kembali ke Sri Mulyani, menurutnya Jakarta merupakan kota metropolitan dengan penduduk yang besar dan daerah sekitarnya pun mulai dari Bogor, Tangerang, hingga Bekasi memiliki kepadatan dan mobilitas sangat tinggi.

Maka dari itu, transportasi umum macam LRT merupakan kebutuhan dan keharusan. Dia pun mengungkapkan fungsi APBN untuk memenuhi hal tersebut.

"APBN akan mendukung dalam bentuk investasi, baik dalam BUMN maupun transfer ke pemerintah daerah. Tidak lupa juga ke pengguna, karena tarifnya kan masih disubsidi," beber Sri Mulyani.(red.nr)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini