Breaking News

Hutan Kayu Putih di Mojokerto Terbakar


Petugas melakukan pembahasan di Petak 76 D RPH Kupang BKPH Kemlagi, KPH Mojokerto Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto yang terbakar.



Mojokerto, reporter.com - Kebakaran lahan dan hutan (karhutla) terjadi di kayu putih Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Senin (7/8/2023) petang. Beruntung laporan masyarakat tersebut langsung direspon cepat petugas sehingga api hanya membakar rumput ilalang dan semak belukar seluas 150 m2.


Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 17.30 WIB. “Kebakaran terletak di Petak 76 D RPH Kupang BKPH Kemlagi, KPH Mojokerto Desa Kupang, Kecamatan Jetis,” ungkapnya, Selasa (8/8/2023).


Masih kata Khakim, kebakaran dapat segera diatasi petugas pemadam kebakaran (damkar) dan instansi terkait karena adanya laporan dari masyarakat. Berdasarkan keterangan masyarakat saat lewat di jalur Jetis-Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, tepat di utara Wisata Bukit Kayu Putih ada kebakaran hutan.


“Ada laporan masyarakat jika ada kebakaran di utara bukti kayu putih, Babinsa setempat mendatangai lokasi dan selanjutnya melaporkan ke pihak BPBD Kabupaten Mojokerto. Sehingga tim Damkar langsung ke lokasi untuk melakukan pembasahan karena area kebakaran tidak begitu besar,” katanya.


Sekira pukul 18.30 WIB, api berhasil dipadamkan petugas Damkar BPBD Kabupaten Mojokerto. Sementara luas area lahan dan hutan yang terbakar 150 meter2. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap bencana kebakaran di musim panas seperti saat ini karena memungkinkan terjadinya kebakaran.



“Banyak rumput kering di wilayah Kabupaten Mojokerto yang muda terbakar. Sehingga kami sampaikan kepada masyarakat agar tidak membuang benda panas yang memicu api di lahan kering terutama terutama di lahan Perhutani, seperti membuang putung rokok dan membakar sampah sembarangan,” tegasnya.


Sekedarnya diketahui, Kabupaten Mojokerto memiliki kawasan hutan seluas 25.021 hektar. Meliputi 10.656 hektar hutan produksi dan 4.183 hektar hutan lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan, KPH Mojokerto, dan KPH Jombang.


(Red*Tim)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini