Breaking News

Golkar-PAN Merapat ke KKIR, PKS: Bravo Pak Jokowi, Eh Bravo Pak Prabowo



Jakarta, reporter.com - PKS merespons Golkar dan PAN yang resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024. PKS menilai dukungan Golkar dan PAN signifikan.
"Bravo Pak Jokowi, eh Bravo Pak Prabowo. Dukungan Golkar dan PAN signifikan," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, kepada wartawan, Minggu (13/8/2023).


Mardani menyebut Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) siap berkompetisi dengan nama capres yang belakangan santer beredar. Dia menyebut penyelenggaraan Pilpres yang baik akan berdampak baik pula bagi warga.

"Kami KPP siap berkompetisi karya dan gagasan. Dan kompetisi yang baik akan baik bagi warga," ujar Mardani

Dia mengatakan semakin mengerucutnya dukungan maka penentuan cawapres akan semakin jelas. Mardani ingin Pemilu mendatang beradu karya dan gagasan.

"Semoga segera jelas cawapres bagi semua sehingga rakyat masuk ke kompetisi karya dan gagasan," ujarnya.


Bergabungnya Golkar dan PAN menambah kekuatan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang digagas Gerindra dan PKB. Keempat ketum secara resmi menandatangani kerja sama politik itu tepat di momen deklarasi dukungan.

Momen deklarasi dukungan itu dilakukan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Mulanya Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas menyampaikan secara langsung dukungan mereka kepada Prabowo.

Setelah Golkar dan PAN menyampaikan dukungan, mereka menandatangani kerja sama politik di Pemilu 2024.

Diberitakan sebelumnya, Zulhas mengatakan keputusan mendukung Prabowo merupakan diambil secara bersama-bersama. Dia kembali menegaskan tidak ada arahan dari Jokowi mengenai hal ini.

"Dari Presiden Jokowi tidak ada arahan," ujar Zulhas di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023). Zulhas menjawab pertanyaan apakah ada instruksi Jokowi di balik dukungan ke Prabowo.

"Jadi ini putusan kita bersama bareng-bareng sama sekali tidak ada arahan dari Pak Jokowi," ungkapnya.

Prabowo juga menegaskan tak ada instruksi Jokowi di balik arah dukungan dua partai itu. Dia mengatakan Jokowi merupakan sosok yang demokratis.

"Jadi begini, Pak Jokowi orang yang sangat demokratis. Beliau sangat menghormati independensi dan hak setiap partai politik. Saya kira itu yang harus saya tegaskan," kata Prabowo usai momen penandatanganan kerja sama politik bersama dua partai pendukung barunya itu.(red.IY)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini