Breaking News

Bayi Dibuang di Tepi Jalan Bojonegoro Lahir Tanpa Bantuan Medis

 Bojonegoro, reporter.com - Penemuan bayi yang diduga baru dilahirkan 2 jam sebelum ditemukan menggemparkan warga. Pasalnya bayi merah berjenis kelamin perempuan itu tergeletak di dalam kardus bekas jajan dengan terlilit kaos kaki di leher.

Menurut Bidan Desa Kadungrejo Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro Ajeng Kurniawati, bayi yang ditemukan di pinggir jalan Desa Kauman – Kadungrejo Kecamatan Baureno itu diduga dilahirkan tanpa bantuan tenaga medis.

“Kalau melihat luka tali pusatnya pemotongannya tidak teratur. Kemungkinan (ibunya) melahirkan sendiri,” ujarnya, Minggu (13/8/2023).

Meski diduga dilahirkan tanpa bantuan tenaga medis, bayi tersebut kondisinya sehat. Sekarang masih dirawat bidan di Puskesmas Gunungsari Kecamatan Baureno sebelum diserahkan ke Dinas Sosial. “Kondisinya Alhamdulillah normal dan sehat,” lanjutnya.

Sementara Kapolsek Baureno Polres Bojonegoro Ipda Suiswanto mengatakan, penemuan bayi tersebut kini masih  proses penyelidikan untuk mencari ibu dan pembuang bayi. “Saat ditemukan usia bayi diperkirakan baru berusia 2 jam. Masih kami lidik,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, bayi berusia 2 jam itu kali pertama ditemukan oleh Mat Sedran (63) yang melintas di Jalan Desa Kauman – Kadungrejo, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Saksi mendengar tangis bayi dan mencarinya.

Saksi kemudian mengetahui sebuah kardus tergeletak di tepi jalan. Setelah dibuka, kardus bekas wadah jajan itu berisi bayi merah yang masih berlumur darah sedang menangis. Bayi berjenis kelamin perempuan itu kemudian oleh saksi dibawa ke rumah kepala desa setempat untuk diperiksakan ke bidan desa.

Oleh bidang desa, Ajeng Kurniawati, bayi yang masih selamat kemudian dilakukan perawatan medis. Hasil pemeriksaan awal saat ditemukan, bayi dalam kondisi sehat dengan leher terlilit kaos kaki. Bayi tersebut ditaruh di dalam kardus bekas jajan dengan alas kerudung warna abu-abu.

Kondisi saat ditemukan kulit bayi berwarna merah muda, rambut hitam, dan diperkirakan baru berusia 2 jam. Hasil pemeriksaan medis, plasenta kondisi diputus paksa atau tidak menggunakan alat medis dan dibungkus dalam kantong plastik warna putih. (red.IY)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini