Breaking News

Wilayah Malang Diguncang 126 Kali Gempa Bumi


Malang, reporter.com - Hingga akhir bulan Juli 2023 ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Malang mencatat ribuan gempa bumi terjadi. Dari periode Januari-Juli 2023 tersebut, BMKG mencatat telah terjadi 126 gempa bumi di Malang.


“Kalau total dari bulan Januari hingga akhir Juli 2023 ini sebanyak 3060 Gempa Bumi yang terekam Stasiun Geofisika,” ungkap Fungsionalis Ahli BMKG Malang, Umi Eka Sabrina, Senin (31/7/2023).


Umi Eka menjelaskan, dari 3060 gempa bumi itu, hanya 42 kejadian gempa bumi yang dirasakan oleh masyarakat. Sisanya tidak terasa tetapi terekam oleh alat yang dimiliki oleh BMKG Stasiun Geofisika Malang.

“Dan 126 di antaranya gempa bumi yang terjadi di sekitar Malang,” tegas Umi Eka.


Sebab itu, masyarakat tetap dihimbau untuk selalu waspada dan tidak perlu panik. Umi Eka menambahkan, masyarakat yang bermukim di Malang Raya, diminta tetap selalu melakukan mitigasi agar gempa bumi yang terjadi tidak menimbulkan korban jiwa.


“Harap memperhatikan bangunan di sekitar, dan memastikan barang barang yang digantung itu tetap aman saat terjadi getaran,” pungkasnya. 

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini