Breaking News

SIDasTing Web Sarana Promosi Desa Bedug, Kediri

 

Kediri, reporter.com - Tim Doktor Mengabdi UB memperkenalkan SIDasTingWeb (Sistem Informasi Cerdas Marketing Berbasis Website) di Desa Bedug Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, Sabtu (22/7/2023) untuk masyarakat.


Melalui produk ini, desa dapat melakukan layanan administrasi secara online yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, promosi potensi desa, baik dari sisi ekonomi, budaya, sosial, wisata, dan fasilitas-fasilitas yang menunjang kemajuan desa, informasi profil desa, informasi produk hukum desa, berita desa terbaru, dan masyarakat dapat menyampaikan saran, kritik, komentar dan lain sebagainya dalam rangka untuk peningkatan layanan kepada masyarakat.


“Pemanfaatan produk ini bertujuan untuk meningkatkan keberdayaan dan keterampilan aparatur desa dan masyarakat-nya dalam mencapai tujuannya menjadi desa yang maju dan sejahtera di era digitalisasi seperti sekarang ini, ” ujar Ketua Pelaksana Doktor Mengabdi, Dr. Dra. Ani Budi Astuti, M.Si,.


Kegiatan Doktor Mengabdi telah berlangsung sejak bulan April 2023 hingga bulan Desember 2023. Selain itu, SIDasTingWeb Desa Bedug ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana market place dan branding potensi lokal dari Desa Bedug. Produk ini sangat membantu dan dibutuhkan Desa Bedug sebagai salah satu desa mandiri.


SIDasTingWeb merupakan produk kolaborasi tiga fakultas yakni FMIPA, FILKOM dan FEB. Tim diketuai Dr. Dra. Ani Budi Astuti, M.Si dari Departemen Statistika FMIPA UB, sebagai anggota dosen adalah Dr. Suci Astutik, S.Si., M.Si (Departemen Statistika FMIPA UB), Prof. Wayan F Mahmudy, S.Si. MT. Ph.D (FILKOM UB), Drs. Muh. Arif Rahman, M.Kom (FILKOM UB), Raditha Dwi Vata Hapsari, SE., MM., Ph.D (FEB UB) dan anggota mahasiswa adalah Mohammad Ibnu (Mahasiswa Program Sarjana Teknik Informatika FILKOM UB), Aditya Rizky Ramadhan (Mahasiswa Program Sarjana Teknik Informatika FILKOM UB), Fahmi Noordin Rumagutawan (Mahasiswa Program Sarjana Teknik Informatika FILKOM UB), Agus Putradana Amertha (Mahasiswa Program Magister Statistika Departemen Statistika FMIPA UB), dan Aurellia Brygita Putri (Mahasiswa Program Sarjana Statistika Departemen Statistika FMIPA UB).


Dosen berperanan sebagai tim ahli dan konsultan serta dibantu mahasiswa dalam kegiatan ini, yaitu mulai pelaksanaan koordinasi kebutuhan dan permasalahan desa, pengumpulan data potensi dan profil desa, merancang dan design produk, membangun produk, sosialisasi produk dan melakukan evaluasi produk, implementasi produk, pelatihan dan pendampingan hasil produk, serta launching produk kepada masyarakat.


Program Doktor Mengabdi (DM) adalah salah satu program unggulan bidang pengabdian kepada masyarakat Universitas Brawijaya untuk memberikan kesempatan bagi para dosen dan mahasiswa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, khususnya kepada masyarakat desa di seluruh wilayah tanah air Indonesia. 


Hasil kegiatan ini sangat bermanfaat bagi UB maupun pemerintahan desa sebagai mitra kerjasama dalam kegiatan. Selain itu, dosen dan mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu dan keahliannya untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di desa yang mana hal ini tentu berimbas kepada kemajuan masyarakat desa.


Melalui kegiatan Doktor Mengabdi, dosen dan mahasiswa bersama LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) akan terus berkiprah tanpa batas dalam membantu masyarakat desa mengatasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam rangka pencapaian desa mandiri dan sejahtera.[tim/sitirahma]

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini