Breaking News

Geger !!! Pembongkaran Tugu Silat di Tuban, Pemkab Masih Validasi Data


Tuban, reporter.com - Pemerintah Kabupaten Tuban masih menunggu proses validasi data terkait pembongkaran tugu perguruan silat, baik di tanah negara maupun fasilitas umum.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, mengungkapkan bahwa Pemkab Tuban telah mengadakan rapat bersama Forkopimka terkait pembongkaran tugu perguruan silat. Namun, hasilnya, data tersebut belum sepenuhnya valid.


“Kami berharap mereka dapat memeriksa kembali apakah data tersebut sudah sesuai atau masih memerlukan validasi lebih lanjut,” ujar Budi Wiyana.


Dia menjelaskan, ada beberapa data dari wilayah lain yang belum masuk, sehingga perlu dilakukan pengecekan kembali untuk memastikan validitasnya.


“Kapolsek dan Danramil langsung berkoordinasi di tingkat Desa untuk memverifikasi apakah desa-desa tersebut benar-benar tidak memiliki tugu dari salah satu perguruan silat,” tambahnya.


Pria yang akrab disapa tersebut juga menjelaskan bahwa pembongkaran tugu perguruan silat merupakan instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, yang melarang pembangunan apapun di tanah negara maupun fasilitas umum.


“Pembongkaran akan dilakukan lebih awal, dengan target selesai pada bulan Agustus ini,” ungkap Budi.


Pihaknya berharap tidak akan ada gejolak penolakan dari masing-masing perguruan silat. TNI/Polri juga akan melakukan pendekatan persuasif. “Hingga saat ini, belum ada penolakan, kami masih dalam proses validasi, dan harapannya tidak akan ada penolakan di masa depan,” pungkasnya.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini