Breaking News

Warga Apresiasi Patroli Door to Door Kapolsek Mojoroto, Tidur Makin Nyenyak dan Nyaman

 


Kediri, reporter.com -, Kapolsek Mojoroto Resor Kediri Kota Polda Jatim saban hari mulai pukul 00.00 WIB sampai dini hari selalu melakukan patroli Door to Door system sasarannya, adalah rumah warga setempat yang memarkir kendaraannya di luar rumah tanpa pagar, tidak terjangkau dengan pengawasan.


Dalam pelaksanaannya, Kapolsek Mojoroto Kompol Mukhlason memerintahkan anggotanya melakukan patroli backbone secara mobiling menyisir titik - titik yang sudah ditentukan (dimaping) sebelumnya.


Sedangkan dirinya, mengendarai motor R2 menyisir area perkampungan padat penduduk, masuk gang - gang sempit. 


Ia rela mengetok pintu rumah warga satu persatu apabila di rumah itu ditemukan kendaraan bermotor, atau mobil yang diparkir pemiliknya di luar rumah, tanpa pagar dan jauh dari pengawasan. 


Tidak hanya rumah warga, tapi juga rumah kos yang notabene dihuni oleh warga luar daerah. Keberadaan mereka yang sedang menuntut ilmu ( kuliah ) jangan sampai menjadi korban kejahatan, khususnya kejahatan 3 C, karna pelaku kejahatan itu dalam menjalankan aksinya bukan hanya karna faktor niat tapi juga adanya kesempatan.


" Harapan saya adalah terciptanya Harkamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polsek Mojoroto, sehingga warga bisa beristirahat dengan tenang, nyaman berkat kehadiran Polisi di tengah - tengah mereka," ujar Kompol Mukhlason, Kamis (9/3/2023), di lokasi kegiatan.


Uniknya, saat kegiatan berlangsung, ternyata ada warga yang sengaja mencegat laju kendaraannya. Dikira ada apa, ternyata ada salah seorang warga yang memang ingin bertemu Pak Haji - panggilan akrab Kapolsek Mojoroto - dan sekedar mengucapkan terima kasih kepadanya.


" Matur Suwon Nggeh Pak Polisi ( terima kasih Pak Polisi )," ucap warga berusia setengah abad lebih itu.


" Inggih sami - sami, Ibu kaleh keluarga dijagi kesehatane, niki mpun dhalu, jam setunggal, monggo istirahat maleh ( Iya sama - sama, Ibu dan keluarga dijaga kesehatannya, ini sudah malam, jam 1:00 WIB dini hari, silahkan istirahat lagi )," jawab Kapolsek Mojoroto menanggapi ucapan terimakasih dari salah satu warga Kecamatan Mojoroto tersebut.


Saat mengetuk salah satu rumah warga yang diketahui kendaraannya masih terparkir di luar rumah, tanpa pagar, dan tanpa pengawasan, Kapolsek Mojoroto langsung bergegas turun dari kendaraan motor R2 nya dan langsung mengetuk pintuk rumah warga tersebut sembari mengucapkan salam, " Assalamualaikum..", ucapnya.


Pihak pemilik rumah, bernama Suwarno, usia 60 tahun, bersama anak dan istrinya, dalam kondisi mata masih mengantuk keluar dengan mimik wajah kebingungan, karna di depan pintu berdiri seorang Polisi berseragam dinas lengkap.


" Injih Bapak, enten nopo nggeh ? ( Iya Bapak, ada  apa ya ? )," tanya Suwarno menggunakan bahasa Jawa kepada Kapolsek Mojoroto saat itu.


" Dhalem sangking Polsek Mojoroto, Patroli keliling, niki wau dhalem mirsani kok kendaraane panjenengan diparkir teng ngajeng, mboten enten pager, monggo sepeda motore dilebetaken griyo mawon kersane aman ( Saya dari Polsek Mojoroto, sedang Patroli keliling, ini saya melihat kendaraan anda diparkir di depan rumah, tanpa pagar, silahkan sepeda motornya dimasukkan di rumah saja biar aman )," jawab Kompol Mukhlason menanggapi Suwarno.


Suwarno, warga Kelurahan/ Kecamatan Mojoroto, itu kemudian mengucapkan terima kasih kepada Polsek Mojoroto, khususnya Kapolsek, karena begitu besar perhatiannya kepada warga Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. 


Di lokasi kegiatan, Kompol Mukhlason saat dikonfirmasi mengatakan bahwa apa yang dilakukannya adalah murni melaksanakan tugas - tugasnya sebagai Polisi, yaitu melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat.


" Itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami untuk memastikan warga dalam keadaan aman, nyaman dan kondusif. Tadi kita juga sempatkan berdialog dengan warga dan menyampaikan pesan - pesan kamtibmas," tandasnya. (red)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini