Breaking News

Tidak Perlu Panik, Ini Nomor Pengaduan PLN dan Cara Menghubunginya




Jakarta, reporter.com - Saat kondisi listrik di rumah mengalami gangguan secara tiba-tiba diperlukan layanan Call Center PLN atau nomor kontak pengaduan PLN untuk mengatasinya. Saat ini terdapat beberapa jenis kontak pengaduan yang disediakan oleh PLN dan bisa dihubungi oleh Anda kapan saja untuk menangani kerusakan listrik.

Nomor pengaduan PLN tidak hanya membantu untuk menyelesaikan masalah listrik di rumah, tapi juga mencegah berbagai bahaya seperti korsleting. Melalui layanan pengaduan PLN, Anda bisa mengatasi gangguan listrik berupa power failure atau listrik padam, tegangan listrik turun tiba-tiba (power SAG), hingga voltase listrik mendadak tinggi (power surge). 

PLN telah menyediakan beberapa jenis layanan pengaduan yang bisa dipilih oleh pelanggan. Call center PLN terbagi menjadi 5 pilihan yaitu layanan pengaduan via telepon, layanan Virtual Assistant PLN 123, akun media sosial dan email resmi PLN, layanan pengaduan via situs dan pengaduan lewat aplikasi.

Dengan adanya layanan pengaduan call center PLN dari berbagai kanal yang tersedia, maka pelanggan PLN bisa melakukan pengaduan gangguan listrik tanpa perlu panik. Ditambah saat ini, akses untuk mengajukan pengaduan PLN semakin mudah dan dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Call Center PLN

Dikutip dari laman resminya web.pln.co.id, dalam rangka untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, maka layanan pengaduan PLN atau yang disebut PLN 123 ini dapat diakses oleh pelanggan selama 24 jam penuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut 5 layanan call center PLN yang tersedia untuk menyambungkan dengan customer service PLN.

Call Center PLN via Media Sosial

Untuk Anda yang mengalami gangguan listrik, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengajukan pengaduan ke call center PLN melalui media sosial. Call center pelanggan PLN via media sosial bisa dihubungi pelanggan lewat akun Twitter resmi @pln_123 dan laman Facebook di PLN 123. 

Berikan pengaduan dengan jelas kepada call center dan nantinya petugas customer service akan menjawab dan membantu Anda melalui pesan yang dikirim melalui media sosial.

Call Center PLN via Telepon

Jika Anda tidak memiliki sosial media, maka Anda bisa menghubungi call center PLN via telepon. Caranya pun sangat mudah yaitu cukup telepon dan sampaikan pengaduan ke nomor 123. Petugas customer service dengan sigap dan tepat akan memberi mendengarkan pengaduan Anda soal listrik dan memberi solusi. 

Perlu diingat, apabila Anda menggunakan ponsel, jangan lupa untuk menggunakan kode area telepon supaya bisa cepat tersambung ke customer service PLN sesuai area. Selain itu, pastikan pulsa Anda cukup karena sambungan telepon ini tidak gratis alias berbayar.

Call Center PLN via Virtual Assistant

Selain layanan pengaduan lewat media sosial atau telepon, Anda juga bisa menghubungi layanan call center PLN dalam bentuk virtual assistant. Layanan ini bisa dilakukan dengan cara mengklik laman Virtual Assistant PLN 123. 

Setelah itu, pelanggan harus mengisi data diri seperti nama, nomor handphone yang aktif, email, ID pelanggan, pengaduan yang ingin disampaikan dan juga kode verifikasi. Untuk mendapatkan respons, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai Virtual Assistant memberi arahan. 

Call Center PLN via Situs PLN

Anda juga bisa melakukan pengaduan masalah listrik melalui call center PLN via situs PLN. Hal yang harus Anda lakukan pertama-tama adalah buka browser di ponsel atau komputer kamu kemudian masukkan alamat web.pln.co.id.

Setelah itu, klik menu “Virtual Assistant PLN” yang ada di sebelah kanan halaman situs. Kemudian Anda harus mengisi sejumlah informasi termasuk nama, ID pelanggan, alamat email, nomor ponsel dan keluhan yang ingin disampaikan.

Call Center PLN via Aplikasi PLN Mobile

Cara menghubungi nomor pengaduan PLN yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Aplikasi tersebut bisa didownload lewat Play store atau iOS di smartphone Anda. Jika sudah, Anda bisa langsung memilih menu "Pengaduan". Setelah itu, Anda diharuskan memilih salah satu jenis pengaduan gangguan. 

Kemudian memasukkan ID Pelanggan/No. Meter dan tekan tombol "Konfirmasi" lalu klik "YA". Apabila ada deskripsi laporan atau terdapat foto masalah listrik maka bisa dilampirkan. Setelah itu klik "Kirim Pengaduan" dan pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Terakhir klik “OK” sehingga laporan akan diteruskan ke pihak PLN. 

Itulah beberapa nomor pengaduan PLN dan cara pengaduannya. Nomor tersebut bisa dihubungi ketika listrik di rumah mengalami gangguan. Semoga membantu. (Red.Sl)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini