Breaking News

Setelah Balon Mata-mata, Kini AS Tembak Jatuh Sebuah Objek Misterius Berada di Alaska

 

Washington, reporter.com - Gedung Putih mengatakan sebuah jet tempur Amerika Serikat (AS) telah menembak jatuh sebuah objek misterius yang berada pada di atas Alaska. 

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa objek itu terbang sekitar 40.000 kaki dan memposting "ancaman yang wajar" terhadap keselamatan penerbangan sipil.

Kirby mengatakan tidak jelas dari mana benda itu berasal, yang jatuh di perairan beku. 

“Kami tidak tahu siapa yang memiliki objek ini,” katanya, Sabtu (11/2/2023). 

Dia mengatakan benda itu jatuh di bagian timur laut jauh Alaska dekat perbatasan Kanada dan pilot menyebut bahwa benda itu tidak diawaki. 

Dia menambahkan banyak detail yang tidak diketahui tentang objek tersebut, termasuk apakah itu membawa peralatan pengintaian, tetapi diperkirakan akan ditemukan setelah mendarat di perairan teritorial AS.

Kirby menambahkan bahwa bidang puing objek itu jauh lebih kecil daripada balon yang ditembak jatuh minggu lalu.

"Benda itu ditemukan pada Kamis malam (waktu setempat) dan ditembak jatuh atas perintah Presiden AS Joe Biden," kata pejabat Gedung Putih.

Dia mengatakan bahwa tidak seperti balon China, objek ini tampaknya tidak dapat digerakkan dan bergantung pada angin.

Para pejabat mengatakan: "Karena sangat berhati-hati dan atas rekomendasi Pentagon, Presiden Biden memerintahkan militer untuk menjatuhkan objek di atas air." 

Benda itu jatuh ke perairan yang beku dan para pejabat berharap mereka dapat memulihkan puing-puing lebih cepat daripada dari balon besar minggu lalu. 

Ini terjadi setelah AS menembak jatuh "balon mata-mata" China di atas perairan teritorialnya di lepas pantai Carolina Selatan, pada Sabtu pekan lalu. 

Sabtu lalu, bola putih raksasa – seukuran tiga bus – terlihat pada Sabtu pagi di atas Carolina saat mendekati pantai Atlantik, sebelum ditembus oleh rudal yang ditembakkan oleh jet tempur F-22 sekitar pukul 14.39 waktu setempat.

Pejabat pemerintah AS mengatakan tiga bandara ditutup dan wilayah udara di lepas pantai Carolina Utara dan Selatan ditutup untuk menembak jatuh balon. Balon menghantam perairan dekat South Carolina dan bidang puing-puing membentang setidaknya 7 mil, serta berada di air sedalam 47 kaki. 

Penyelam Angkatan Laut AS kemudian menjelajahi lautan untuk mengambil puing-puing balon itu sehingga peralatannya dapat dianalisis.

Penemuan balon ini memicu pertikaian diplomatik antara kedua negara dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken segera membatalkan rencana perjalanannya ke China.

AS bersikeras bahwa perangkat itu terbang di atas situs militer yang sensitif. 

Jenderal Mullen, mantan ketua Kepala Staf Gabungan AS, mengatakan dia mengira militer China mungkin sengaja meluncurkan balon itu untuk mengganggu perjalanan Blinken ke China.

“Ini bukan kecelakaan. Ini disengaja. Itu intelijen,” tambahnya. 

China, di sisi lain, mengklaim sebelum balon ditembak jatuh benda itu digunakan untuk tujuan ilmiah dan meteorologi. 

Juru bicara militer pertahanan China, Tan Kefei, menyebut penembakan itu sebagai "reaksi berlebihan yang jelas". 

“AS menggunakan kekuatan untuk menyerang pesawat tak berawak sipil kami, yang jelas merupakan reaksi berlebihan,” kata Kefei pekan lalu. (red.bs)



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini