Jakarta, reporter.com - Presiden Joko Widodo (Presiden Jokowi) berencana untuk memanggil Erick Thohir dan Zainudin Amali setelah keduanya terpilih sebagai ketua umum dan wakil ketua umum PSSI 2023-2027. Ia ingin meminta dua menterinya tersebut memaparkan target dan rencana mereka untuk federasi sepak bola Indonesia tersebut.

Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara, serta Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga, terpilih sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2027 berdasarkan hasil Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada Kamis, 16 Februari 2023. Selain kedua nama itu, Ratu Tisha Destria juga terpilih sebagai wakil ketua umum.

"Minggu depan kelihatannya akan ketemu akan saya tanyakan, sudah ada peta jalannya belum? Ada targetnya belum? Untuk mencapai target itu harus apa yang dilakukan?" kata Jokowi kepada awak media selepas menghadiri peringatan Hari Lahir Ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di ICE BSD City, Tangerang, Jumat, 18 Februari 2023.

Presiden Jokowi menilai bahwa program Erick dan Amali harus terencana dengan jelas apabila sepak bola Indonesia ingin maju. Di sisi lain, ia menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak akan melakukan intervensi baik kebijakan PSSI maupun susunan kepengurusan di tubuh federasi sepak bola itu.

"Yang paling penting ada sebuah perubahan, ada sebuah reformasi total, ada sebuah transformasi, sehingga dari kekuatan yang kita miliki, potensi yang kita miliki, itu betul-betul bisa kemajuannya kelihatan," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan penting bagi sebuah federasi olahraga dan pemimpinnya untuk memiliki peta jalan jangka panjang seperti rentang waktu 25 tahun atau 50 tahun demi mengoptimalkan potensi tersebut.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan aspek lain yakni pengadaan infrastruktur terutama pusat latihan nasional. Ia mengakui pembangunan infrastruktur merupakan masukan dari pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam sebuah pertemuan beberapa waktu lalu.

"Yang juga penting adalah pembangunan infrastrukturnya harus ditingkatkan. Kita kan sampai sekarang belum punya basecamp yang memiliki, saya waktu omong-omong dengan Shin Tae-yong ya, lima lapangan dalam satu lokasi dan penginapan untuk pemain-pemainnya," kata Presiden Jokowi. (red.bs)