Bogor, reporter.com - Pencurian minimarket kembali terjadi. Kali ini di wilayah Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Anehnya, barang yang dicuri hanya tabung gas dan air mineral.

Kapolsek Ciampea Komlol Beben mengatakan, pencurian itu pertama kali diketahui karyawan minimarket sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu si karyawan hendak membuka minimarket, lalu menemukan pintu luar sudah dalam kondisi terbuka.

Polisi yang mendapat laporan kemudian mendatangi lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Hasil olah TKP diketahui jika si pencuri masuk dengan merusak gembok dan pintu besi depan minimarket.

"Pelaku berhasil menggasak satu buah tabung gas 5,5 kilogram, serta 5 buah botol air mineral," ujar Beben dalam keterangannya, Jumat (10/2/2023).

Kasus pencurian itu kini dalam penyelidikan polisi. Polisi sudah memeriksa saksi melihat rekaman CCTV untuk mengidentifikasi kawanan maling.

"Kami telah mengumpulkan keterangan para saksi maupun rekaman CCTV yang berada di sekitaran minimarket," tandasnya.

Diketahui, banyak faktor yang mendorong seseorang melakukan pencurian. Faktor terjadinya pencurian dan perampokan umumnya didorong antara lain kesenjangan sosial, kurangnya kesadaran sendiri, kemiskinan, pengangguran, pendidikan rendah, kebutuhan mendesak, baik untuk kebutuhan ekonomi maupun karena terdesak ketagihan mengkonsumsi narkoba.

Kriminolog Universitas Indonesia Iqrak Sulhin pada sebuah kesempatan menyebutkan, aksi pencurian pada minimarket di pinggir jalan kerap menjadi sasaran pelaku kejahatan lantaran sepi. (red.bs)