Jakarta, reporter.com - Terdapat sejumlah warga kehormatan Korps Marinir yang diangkat pada awal tahun 2023 ini. Terbaru ada nama Menteri Pertahanan RI, yakni Prabowo Subianto.

Sebagai salah satu satuan penting di TNI AL, Korps Marinir juga memiliki bentuk penghargaan yang biasa disematkan dengan nama warga kehormatan Korps Marinir. 

Dalam sejarahnya, sudah cukup banyak orang yang mendapat predikat ini.

1. Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo - Kapolri

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat ini berstatus sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Dalam riwayatnya, dia menjadi Kapolri non-muslim kedua setelah Widodo Budidarmo (1974-1978). 

Keterangan dari wartawan, Jumat (17/2/2023), beberapa waktu yang lalu Listyo Sigit dianugerahi penghargaan sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL.

Adapun penghargaan tersebut disematkan kepada alumni Akpol 1991 ini pada 24 Januari 2023 di Pulau Damar, Kepulauan Seribu.

2. Laksamana TNI Muhammad Ali - KSAL

Laksamana TNI Muhammad Ali merupakan perwira tinggi (pati) TNI AL yang saat ini menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL). Sebelumnya, lulusan AAL tahun 1989 tersebut menggantikan Laksamana Yudo Margono yang menjadi Panglima TNI. 

Sama halnya seperti Kapolri Listyo Sigit Prabowo, namanya juga turut mendapat penghargaan sebagai warga kehormatan Korps Marinir pada 24 Januari 2023. Saat itu, upacara pengangkatan dipimpin oleh Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.

3. Jenderal TNI Dudung Abdurachman - KSAD

Berikutnya ada nama Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Saat ini, pria kelahiran Bandung, 19 November 1965 ini tercatat tengah menduduki jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). 

Mengutip Antara, lulusan Akmil 1988 ini dikukuhkan sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL, sekaligus mendapat brevet Intai Para Amfibi (Taifib) serta brevet Anti Teror Aspek Laut pada 24 Januari 2023.

4. Marsekal TNI Fadjar Prasetyo - KSAU

Beralih ke matra udara, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo juga turut mendapat predikat sebagai warga kehormatan Korps Marinir di awal tahun 2023 lalu. 

Dalam riwayatnya, Fadjar Prasetyo merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1988. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat Pangkogabwilhan II (2019-2020) dan Pangkoopsau I (2018-2019).

5. Puan Maharani - Ketua DPR RI

Tidak hanya pada kalangan TNI maupun Polri saja, penghargaan warga kehormatan Korps Marinir juga disematkan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dalam hal ini, Puan menjadi Ketua DPR RI dan perempuan pertama yang mendapat anugerah sebagai Warga Kehormatan Marinir yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

6. Bambang Soesatyo - Ketua MPR RI

Tak hanya Ketua DPR RI, penghargaan juga diberikan kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dia dikukuhkan pada 24 Januari 2023 bersama para pejabat lain yang juga mendapat tanda kehormatan serupa.

7. Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto - Menteri Pertahanan RI

Terbaru, ada nama Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto. 

Menteri Pertahanan Indonesia ini diangkat sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL pada 14 Februari 2023. 

Selain penyematan penghargaan tersebut, sebelumnya Prabowo juga melakukan kegiatan berupa penyerahan alat peralatan pertahanan (alpalhan) untuk Korps Marinir di Ksatrian Sutedi Senaputra, Lanmar Surabaya, Karang Pilang pada 14 Februari 2023. 

Adapun penyerahan tersebut dilakukan secara langsung kepada Dankormar Mayjen (Mar) Widodo Dwi Purwanto dengan disaksikan oleh KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali. (red.bs)