Breaking News

Miliarder China Mencari Tempat Perlindungan di Singapura


Singapura, reporter.com - Singapura melihat masuknya keluarga miliarder dari China yang ingin melindungi kekayaan mereka dari Partai Komunis yang semakin memandang kekayaan mereka dengan kecurigaan.

Tindakan keras Beijing baru-baru ini terhadap miliarder teknologi dan selebritas pengemplang pajak, serta tiga tahun kebijakan nol-Covid-19, telah membuat banyak orang kaya China mencari tempat berlindung yang aman. 

Gugup atas nasib nasib mereka, beberapa orang kaya di negara itu telah memesan tiket ke Singapura. Itu diungkap orang dalam dari otoritas terkait Singapura kepada AFP.

Singapura, salah satu pusat keuangan utama Asia, mencentang semua kotak untuk merelokasi taipan

Singapura telah diperintah oleh satu partai selama enam dekade terakhir, dan mogok buruh serta protes jalanan dilarang. Pajak relatif rendah dan populasinya didominasi etnis China atau Tionghoa.

Kehadiran orang-orang Tionghoa baru-baru ini sangat terasa di Singapura, dengan beberapa pindah ke rumah mewah dengan pemandangan tepi laut di Pulau Sentosa, yang juga memiliki taman hiburan, kasino, dan klub golf bergengsi. 

"Anda tidak dapat membayangkan cara mereka membelanjakan uang. Ini gila," kata Pearce Cheng, CEO AIMS, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan imigrasi dan relokasi.

Dia ingat menghadiri pesta klien di mana wiski Jepang "Yamazaki 55" yang langka, bernilai sekitar 800.000 dolar per botol, disajikan.

Firma Cheng juga membantu menemukan kondominium mewah, mempekerjakan sopir, dan mendaftarkan anak-anak di sekolah swasta. Ia bahkan pernah membeli cerutu senilai 61.000 dolar.

Pendatang baru mengendarai Rolls Royce dan Bentley, dan sering terlihat di klub golf papan atas seperti Sentosa Golf Club yang eksklusif, di mana anggota asing membayar 670.000 dolar setahun.

"Banyak dari mereka adalah orang China yang lebih muda, dengan pakaian desainer yang modis, dan mereka biasanya menyendiri dan makan di antara mereka sendiri, yang tidak mengherankan," kata Benny Teo, direktur pengelola Blazon, sebuah konsultan yang berspesialisasi dalam golf.

"Uangku Milikku"

Relokasi ke Singapura menempatkan kekayaan orang terkaya di China di luar jangkauan Partai Komunis China yang berkuasa di Beijing, yang tindakan kerasnya baru-baru ini telah mengguncang para miliarder. 

Jack Ma, salah satu wajah yang paling dikenal dalam bisnis Asia, kehilangan sekitar USD25 miliar ketika regulator China menghentikan IPO blockbuster pada tahun 2020.

Para taipan China lainnya khawatir Partai Komunis dapat menerapkan tekanan serupa atau bahkan mengambil alih bisnis mereka dengan harga murah, kata seorang akuntan yang mengetahui situasi tersebut kepada AFP.

"Pindah ke Singapura adalah untuk memastikan kekayaan keluarga tetap aman dan dapat bertahan selama beberapa generasi," kata akuntan tersebut.

Sumber lain di industri mengatakan Singapura semakin dipandang sebagai rumah daripada hanya rencana cadangan. Dia menambahkan bahwa klien mengatakan kepadanya: "Setidaknya ketika saya di sini, saya tahu uang saya adalah milik saya." 

Salah satu pendiri rantai hotpot terbesar di China, Haidilao, baru-baru ini mendirikan kantor keluarga di Singapura. 

Otoritas Moneter Singapura memperkirakan bahwa jumlah kantor keluarga, perusahaan manajemen kekayaan yang didedikasikan untuk aset individu dan grup, meningkat dari 400 pada tahun 2020 menjadi 700 pada tahun 2021.

Loh Kia Meng, wakil kepala kekayaan pribadi dan praktik kantor keluarga di firma hukum Dentons Rodyk, memperkirakan 1.500 kantor keluarga akan didirikan pada akhir tahun lalu.

"Saya tidak heran jika angka total pada akhir 2022 menunjukkan bahwa satu dari dua kantor keluarga baru berasal dari China," kata Loh.

"Zona Netral"

Aliran keluar diperkirakan akan berlanjut meskipun kebijakan dan pembatasan ketat China saat ini telah dicabut, kata para analis.

Ketegangan politik antara Beijing dan Washington memperkuat keinginan beberapa orang terkaya China untuk pindah ke luar negeri.

"Singapura adalah zona netral yang sangat berguna di mana orang kaya raya dapat berbisnis," kata Song Seng Wun, ekonom regional CIMB Private Banking.

Negara-kota tersebut dengan cekatan mengelola hubungannya dengan Washington dan Beijing, menjaga hubungan keamanan yang erat dengan Amerika Serikat sambil menjaga hubungan perdagangan yang kuat dengan China. 

"Perhatian media terhadap tokoh-tokoh kaya yang mendirikan kantor keluarga di Singapura menyoroti pulau kecil kami dan membangkitkan minat," kata Loh.

"Jika orang kaya dunia berkumpul di Singapura, mengapa saya tidak?"

(red.bs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini