Breaking News

Menteri Amerika Serikat Menyesalkan Pembunuhan Warga Sipil Palestina yang Tak Bersalah


Ramallah, reporter.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyesalkan pembunuhan warga sipil Palestina yang tidak bersalah selama lonjakan kekerasan Israel-Palestina selama setahun terakhir. 

Setelah bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, Blinken menyatakan belasungkawa dan kesedihan bagi warga sipil Palestina yang tidak bersalah yang telah kehilangan nyawa mereka dalam kekerasan yang meningkat selama setahun terakhir seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (1/2/2023). 

Israel dalam beberapa kasus mengatakan bahwa pasukannya telah keliru membunuh non-kombatan dalam konteks serangan terhadap militan yang terkait dengan serangan fatal terhadap warga sipil Israel.

Sejak awal tahun, konflik tersebut telah merenggut nyawa 35 orang dewasa dan anak-anak Palestina - termasuk pelaku penyerangan, militan dan warga sipil.

Selama periode yang sama, enam warga sipil Israel, termasuk seorang anak, dan satu warga sipil Ukraina tewas, semuanya ditembak mati dalam serangan Jumat di luar sinagoga Yerusalem timur. 

Tahun lalu adalah tahun paling mematikan di Tepi Barat yang diduduki sejak PBB mulai mencatat jumlah korban tewas di wilayah pendudukan pada tahun 2005.

Blinken juga memperingatkan para pemimpin Israel dan Palestina terhadap setiap tindakan yang membuat solusi dua negara untuk konflik tersebut menjadi “lebih sulit.

” Berbicara kepada pemerintah sayap kanan garis keras baru Israel, yang pemimpin dan menterinya dia temui selama kunjungannya, Blinken mengatakan bahwa daftar itu mencakup “perluasan pemukiman, legalisasi pos terdepan, penghancuran dan penggusuran.”

Pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sangat mendukung perluasan kehadiran pemukim Yahudi di Tepi Barat, komunitas yang dianggap ilegal menurut hukum internasional. (red.bs)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini