Breaking News

Kereta Api Lebih Dari 100 Gerbong, 20 Diantaranya Diklarifikasi Membawa Bahan Berbahaya Tergenlincir di AS



Washington, reporter.com - Sebuah kereta api tergelincir dan mengakibatkan kebakaran dahsyat di sebuah desa Ohio, Amerika Serikat (AS), menutup area tersebut dengan kepulan asap yang berwarna oranye menyala oleh api di bawahnya. Situasi ini mendorong perintah evakuasi dan pernyataan keadaan darurat.

"Sekitar 50 gerbong kereta tergelincir di East Palestine saat sebuah kereta api membawa berbagai barang dari Madison, Illinois, ke Conway, Pennsylvania," kata operator kereta api Norfolk Southern dalam sebuah pernyataan hari Sabtu waktu setempat.

Tidak ada informasi segera tentang apa yang menyebabkan penggelinciran itu. Tidak ada cedera yang dilaporkan. 

Norfolk Southern mengatakan kereta itu membawa lebih dari 100 gerbong, 20 di antaranya diklasifikasikan sebagai membawa bahan berbahaya, yang didefinisikan sebagai kargo yang dapat menimbulkan segala jenis bahaya "termasuk mudah dan cepat terbakar, atau risiko lingkungan.

Walikota Trent Conaway dari desa East Palestine mengumumkan keadaan darurat, mengutip kereta tergelincir dengan bahan berbahaya

"Kualitas udara sedang dipantau di seluruh zona satu mil yang diperintahkan untuk dievakuasi dan tidak ada laporan berbahaya untuk dilaporkan," katanya.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS mengatakan bahwa mereka meluncurkan tim untuk menyelidiki insiden itu. 

"Petugas pemadam kebakaran telah ditarik dari daerah terdekat dan perangkat tak berawak digunakan untuk melindungi sementara kru mencoba untuk menentukan gerbong mana yang masih aktif terbakar," kata pejabat distrik dalam pernyataan terpisah yang memperingatkan penduduk bahwa mereka mungkin mendengar lebih banyak ledakan saat api menyala.

Conaway mengatakan petugas pemadam kebakaran dari tiga negara bagian telah merespons.

Sebuah sekolah menengah dan pusat komunitas dibuka untuk menampung puluhan orang, sementara warga di luar radius itu diimbau untuk tetap di dalam rumah. Beberapa lusin penduduk yang berlindung di sekolah menengah tersebut termasuk Ann McAnlis, yang mengatakan seorang tetangga telah mengirim sms kepadanya tentang kecelakaan itu.

"Dia memotret cahaya di langit dari teras depan," kata McAnlis kepada stasiun TV lokal WFMJ-TV. 

“Saat itulah saya tahu betapa pentingnya hal ini,” imbuhnya. 

Kereta tersebut tergelincir sekitar 82 kilometer barat laut Pittsburgh dan dalam jarak 32 kilometer dari ujung Panhandle Utara Virginia Barat. Suhu beku dalam satu digit memperumit respons karena air yang dipompa dari truk membeku, katanya.

Norfolk Southern mengatakan memiliki personel di tempat yang berkoordinasi dengan responden pertama. Kebakaran tersebut menimbulkan begitu banyak asap sehingga para ahli meteorologi dari wilayah tersebut mengatakan bahwa asap itu terlihat di radar cuaca.

(red.bs)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini