Breaking News

Jumlah Korban Tewas Gempa Mematikan Turki Capai 33.000 hingga Senin, (13/2/2023)

 

Jakarta, reporter.com - Jumlah korban tewas akibat gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah pekan lalu sudah mencapai 33.000 hingga Senin (13/2/2023). 

Para pejabat Turki mengonfirmasi lebih dari 29.600 orang meninggal di wilayah tenggara negara itu. Sedangkan di Suriah tercatat sekitar 3.400 orang telah meninggal. Puluhan ribu orang lainnya terluka, membuat kekhawatiran akan menambah jumlah korban meninggal lebih banyak lagi. 

Tim penyelamat masih terus mencari korban yang tertimbun puing-puing bangunan.

PBB mengatakan upaya bantuan telah gagal mencapai orang-orang di Suriah barat laut.

Hampir seminggu setelah gempa magnitudo 7,8 pada 6 Februari, upaya penyelamatan di beberapa daerah dialihkan ke misi pemulihan.

Lebih dari 1,1 juta orang mengungsi di Turki. Jumlah yang tak terhitung terkubur di bawah reruntuhan. Di Suriah, kelangkaan ekskavator membuat orang mati-matian menggali sendiri untuk orang yang mereka cintai. 

Di seluruh wilayah yang hancur akibat gempa, besarnya kebutuhan sulit untuk dipahami. “Kami belum pernah melihat penderitaan dan kehancuran sebesar ini dalam lebih dari satu dekade,” kata Johan Mooij, direktur tanggap World Vision Syria, dalam sebuah pernyataan.

“Dampaknya sangat besar dibutuhkan satu generasi bagi para penyintas untuk pulih," ujarnya, seperti dikutip Washington Post.

Di tengah kehancuran, kemarahan terus meningkat atas jurang bantuan antara Turki, di mana berton-ton bantuan mengalir masuk, dan Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak, di mana tanggapannya lamban dan orang-orang—banyak yang sudah telantar akibat perang saudara yang brutal telah kebanyakan dibiarkan mengelola krisis sendirian. 

Presiden Suriah Bashar al-Assad telah membatasi akses ke barat laut, yang berada di bawah kendali kelompok oposisi bersenjata. Dengan dukungan sekutu seperti Rusia dan China di Dewan Keamanan PBB, dia secara berkala memblokir pengiriman bantuan kemanusiaan ke sana di masa lalu.

Sebagian besar pejabat PBB tetap diam tentang intrik politik yang telah menghalangi pemberian bantuan kemanusiaan, sikap diam yang dituduhkan para kritikus dimaksudkan untuk memungkinkan mereka mempertahankan akses ke Damaskus. 

Mereka menyebut jalan rusak dan masalah keamanan sebagai faktor yang mempersulit pengiriman bantuan ke barat laut Suriah.

Namun dalam kunjungan hari Minggu ke Bab al-Hawa, satu-satunya koridor bantuan terbuka di perbatasan Turki-Suriah, Martin Griffiths, koordinator bantuan darurat PBB, mengakui kesalahan. 

“Sejauh ini kami telah mengecewakan orang-orang di Suriah barat laut,” kata Griffiths dalam sebuah tweet. 

“Mereka benar merasa ditinggalkan. Mencari bantuan internasional yang belum sampai. Tugas saya dan kewajiban kita adalah memperbaiki kegagalan ini secepat mungkin. Itulah fokus saya sekarang.” 

Bagi sebagian orang, pengakuan datang terlalu remeh dan terlalu terlambat.

"Raed Al Saleh, kepala Pertahanan Sipil Suriah, yang relawannya dikenal sebagai White Helmets, mengatakan dalam sebuah tweet. "Kami menghargai permintaan maaf atas kekurangan dan kesalahan". 

Namun dia menuntut agar lebih banyak rute bantuan lintas batas dibuka tanpa persetujuan Dewan Keamanan PBB. 

“Menunggu otorisasi Dewan Keamanan PBB untuk membuka kembali lebih banyak penyeberangan perbatasan ke barat laut benar-benar salah arah,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Tidak boleh ada penundaan lagi.

"Gagal meningkatkan pengiriman bantuan medis dengan cepat akan meninggalkan PBB dengan lebih banyak darah di tangannya.” 

Di Turki, pihak berwenang memperluas penyelidikan mereka ke kontraktor dan pihak lain yang mereka katakan dapat memikul tanggung jawab atas runtuhnya bangunan akibat gempa, karena pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdogan menghadapi kritik yang meningkat selama bertahun-tahun atas dugaan kegagalan untuk menegakkan kode bangunan sebagai serta tanggapan langsungnya terhadap bencana saat ini. 

Bekir Bozdag, menteri kehakiman negara itu, mengatakan jaksa penuntut di 10 provinsi telah bekerja “cukup intensif” untuk menyelidiki kemungkinan kelalaian atau kesalahan dalam pembangunan gedung. Dia mengatakan ada lebih dari 130 tersangka.

Menurut laporan Anadolu Agency, dua kontraktor yang bertanggung jawab atas bangunan yang runtuh di Adiyaman ditahan hari Minggu di Bandara Istanbul. Dua orang lainnya ditangkap di provinsi Gaziantep karena diduga memotong kolom untuk memberi ruang di sebuah bangunan yang runtuh. (red.bs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini