Breaking News

Iran Negara yang Menyandang Gelar Pemilik Rudal Balistik Paling Berbahaya di Dunia

 

Jakarta, reporter.com - Hingga saat ini Iran merupakan sebuah negara yang menyandang gelar pemilik rudal balistik paling berbahaya di dunia. Hal ini dikarenakan salah satu rudal yang dimilikinya+mempunyai jangkauan lebih dari 3000 Kilometer. 

Selain rudal tersebut, Iran telah memiliki sepuluh rudal yang selalu menjadi senjata andalannya. Sebagian besar rudal yang dimilikinya pun mempunyai kemampuan yang tidak diragukan.

Kemampuan rudal yang dimiliki oleh Iran tersebut tentu menjadi sebuah ancaman yang menyebar. Tak hanya terbatas di kawasan timur tengah, rudal yang dimilikinya juga mengancam Eropa dan Asia. 

Berikut empat Rudal Balistik milik Iran yang paling berbahaya.

1. Rudal Balistik Ashura

Rudal Balistik Ashura merupakan rudal yang memiliki jangkauan sangat jauh dan berbahaya dalam ledakannya. Rudal ini mampu menjangkau target musuh yang berjarak 2500 Kilometer.

Dengan daya jangkaunya tersebut maka rudal ini tentu dapat mengancam kawasan Amerika Serikat dan Eropa bagian Timur.

2. Rudal Khorramshahr

Rudal yang satu ini memiliki daya jangkau mencapai 2000 Kilometer. Rudal satu ini berbahan bakar cair, berat 20 ton dan memiliki hulu ledak seberat hingga 1.800 kilogram. 

Dengan kapasitas dan jangkauan yang dimilikinya, rudal ini dapat menargetkan seluruh kawasan Timur Tengah dengan ledakan yang dahsyat.

3. Rudal Qadr


Rudal Qadr hingga saat ini menjadi rudal tercepat yang dimiliki oleh angkatan bersenjata Iran. Lebih dari itu, rudal ini memiliki kemampuan tidak dapat terdeteksi oleh semua jenis radar dan sistem radar. 

Rudal yang satu ini juga memiliki daya jelajah yang sangat jauh mulai dari jarak lebih dari 2000. Dengan jarak yang dimilikinya tersebut artinya dapat menjangkau 70 persen wilayah Asia.

Rudal Qadr merupakan sebuah rudal yang memiliki versi lebih canggih dari Shahab 3. Perbedaan dari keduanya yakni terdapat pada mesin yang dibawanya.

4. Rudal Shahab 3

Jenis rudal Shahab 3 merupakan rudal yang paling terkenal dari seluruh varian Shahab milik Iran. Rudal yang satu ini memiliki kemampuan jangkauan jarak menengah dan jarak jauh.

Dengan kemampuan yang dimilikinya rudal Shahab menjadi ancaman mematikan bagi negara-negara tetangga karena mempunyai kekuatan merusak yang lebih besar. Terlebih jangkauan yang dimilikinya mencapai 2000 Kilometer. (red.bs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini