Breaking News

Gempa Turki Paling Mematikan Sudah Mencapai 23.700 Korban Tewas

 

Jakarta, reporter.com - Korban tewas akibat gempa bumi paling mematikan selama 20 tahun terakhir di Turki dan barat laut Suriah telah mencapai lebih dari 23.700, empat hari setelah bencana itu terjadi. 

Korban dari gempa berkekuatan 7,8 skala Richter, yang melanda pada Senin dini hari, serta beberapa gempa susulan yang kuat, telah melampaui lebih dari 17.000 orang tewas yang terjadi pada tahun 1999 ketika gempa yang sama kuatnya melanda Turki barat laut. 

Jumlah kematian di Turki naik menjadi 20.213 pada Jumat, kata menteri kesehatan negara itu. Di Suriah, lebih dari 3.500 telah tewas. Lebih banyak orang tetap berada di bawah reruntuhan, Sabtu (11/2/2023).

Di Suriah, pemerintah negara itu pada hari Jumat menyetujui pengiriman bantuan kemanusiaan melintasi garis depan perang 12 tahun negara itu, sebuah langkah yang dapat mempercepat kedatangan bantuan bagi jutaan orang yang putus asa. 

Program Pangan Dunia sebelumnya mengatakan kehabisan stok di Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak karena keadaan perang mempersulit upaya bantuan.

Dr Mohamed Alabrash, seorang ahli bedah umum di Rumah Sakit Pusat Idlib di Suriah barat laut, mengeluarkan permohonan bantuan mendesak.

“Kami menghadapi kekurangan obat dan instrumen,” katanya kepada Al Jazeera. “Rumah sakit penuh dengan pasien, begitu pula unit perawatan intensif,” imbuhnya.

“Kami tidak bisa menangani pasien dalam jumlah sebesar ini. Cedera pasien sangat berat, dan kami membutuhkan lebih banyak dukungan,” sambungnya. 

Dokter mengatakan pekerja medis di fasilitas tersebut berada di bawah tekanan ekstrim, bekerja sepanjang waktu. 

“Semua staf medis bekerja selama 24 jam dan kami telah menghabiskan semua bahan yang kami miliki, dari obat-obatan hingga bahan ICU,” kata Alabrash, menambahkan bahwa generator rumah sakit hampir kehabisan bahan bakar.

Sementara itu upaya penyelamatan masih terus berlanjut. Tim penyelamat, termasuk tim dari puluhan negara, bekerja keras siang dan malam di reruntuhan ribuan bangunan yang rusak untuk menemukan korban selamat yang terkubur. Dalam suhu yang sangat dingin, mereka secara teratur menyerukan kesunyian saat mendengarkan suara kehidupan dari gundukan beton yang hancur. 

Resul Serdar dari Al Jazeera mengatakan tim penyelamat telah menjadi "panik" karena harapan untuk menemukan korban yang selamat meredup setiap jam. 

"Tim penyelamat menggali puing-puing dan berharap menemukan beberapa orang hidup atau mati karena sekarang sudah lebih dari 96 jam dan harapan di sini memudar", katanya, berdiri di depan blok bangunan yang runtuh di Kahramanmaras di selatan Turki, dekat dengan pusat gempa pertama berkekuatan 7,8 SR.

"Keluarga ada di sini, menunggu dengan cemas," tambahnya. "Skala kehancuran berada di luar imajinasi," katanya.

Beberapa waktu kemudian, kata Serdar, tim penyelamat berhasil mengeluarkan seorang pria hidup-hidup dari bawah reruntuhan 110 jam sejak gempa terjadi.

Stefanie Dekker dari Al Jazeera, melaporkan dari kota Turki Gaziantep, mengatakan seluruh keluarga telah hilang. 

“Kami berbicara dengan seorang wanita di sini. Dia berkata, 'Saya memiliki empat saudara laki-laki saya, ibu saya, sepupu saya dan semua keponakannya, semuanya hilang dalam sekejap ketika bangunan itu benar-benar hancur dengan sendirinya."

Di distrik Samandag Turki, tim penyelamat berjongkok di bawah lempengan beton sambil membisikkan kata-kata "Insya Allah" dan dengan hati-hati meraih puing-puing untuk mengeluarkan bayi berusia 10 hari.

Dengan mata terbuka lebar, bayi Yagiz Ulas dibungkus dengan selimut termal dan dibawa ke rumah sakit lapangan. Pekerja darurat juga membawa ibunya, yang linglung dan pucat tetapi sadar di atas tandu, gambar video menunjukkan.

Di seberang perbatasan di Suriah, penyelamat dari kelompok White Helmets menggunakan tangan mereka untuk menggali melalui plester dan semen sampai mereka mencapai kaki telanjang seorang gadis muda, masih mengenakan piyama merah muda, kotor tapi masih hidup. 

Meski begitu harapan telah memudar bahwa akan banyak korban lain akan yang ditemukan hidup-hidup.

Di kota Jandaris, Suriah, Naser al-Wakaa terisak saat dia duduk di atas tumpukan puing dan logam bengkok yang menjadi rumah keluarganya, membenamkan wajahnya di pakaian bayi milik salah satu anaknya.

“Bilal, oh Bilal,” ratapnya sambil meneriakkan nama salah satu anaknya yang telah meninggal. 

Kepala Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki, Bulent Yildirim, pergi ke Suriah untuk melihat dampaknya di sana. 

“Seolah-olah sebuah rudal telah dijatuhkan di setiap gedung,” katanya.

Menurut pejabat Turki dan PBB, sekitar 24,4 juta orang di Suriah dan Turki telah terkena dampak di wilayah yang membentang sekitar 450 km dari Adana di barat hingga Diyarbakir di timur. 

Di Suriah, orang tewas sejauh selatan Hama, 250 km dari pusat gempa. 

Ratusan ribu orang lagi kehilangan tempat tinggal dan kekurangan makanan dalam kondisi musim dingin yang suram dan para pemimpin di kedua negara menghadapi pertanyaan tentang tanggapan mereka.

Banyak orang telah mendirikan tempat berlindung di tempat parkir supermarket, masjid, pinggir jalan atau di tengah reruntuhan. Banyak orang yang selamat sangat membutuhkan makanan, air, dan panas. (red.bs)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini