Breaking News

China Mempertanyakan Sikap Diam AS, Tentang Ledakan Pipa Gas Nord Stream dan Tiga Objek Yang Ditembak Jatuh Setelah Insiden Balon

 

BEIJING, reporter.com - China pada Jumat (17/2/2023) mempertanyakan sikap diam Amerika Serikat (AS), menyusul laporan investigasi jurnalis pemenang penghargaan tentang ledakan pipa gas Nord Stream. 

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin selama konferensi pers reguler di Beijing juga meminta AS untuk menjelaskan tiga objek yang ditembak jatuh setelah insiden balon baru-baru ini.

“Mengapa AS mengubah nada tinggi untuk menuntut penyelidikan atas ledakan Nord Stream tetapi menjadi diam setelah pengungkapan jurnalis AS Seymour Hersh?,” Global Times mengutip perkataan Wang. 

Pernyataannya muncul setelah majelis rendah parlemen Rusia, yang secara resmi dikenal sebagai Duma Negara, memilih secara sepihak pada hari Kamis untuk mempersiapkan banding ke Dewan Keamanan PBB, meminta penyelidikan atas ledakan di pipa gas Nord Stream di Laut Baltik. 

Ledakan itu terjadi pada 26 September tahun lalu, menyebabkan retakan besar dan kebocoran gas dari dua pipa yang mengalir dari Rusia ke Jerman di bawah Laut Baltik.

Pejabat dari negara-negara di kawasan itu mengatakan sabotase kemungkinan menjadi penyebab insiden tersebut.

Pada 8 Februari, seorang jurnalis investigasi Amerika dan pemenang Hadiah Pulitzer Seymour Hersh menerbitkan hasil penyelidikannya sendiri atas ledakan tersebut. 

Ia mengklaim bahwa penyelam Angkatan Laut AS, dengan dukungan spesialis Norwegia, meletakkan alat peledak di bawah pipa gas Rusia pada Juni 2022 di bawah kedok latihan militer Baltops. 

Menurut Hersh, keputusan tentang operasi tersebut dibuat oleh Presiden AS Biden setelah sembilan bulan berdiskusi dengan pejabat administrasi, yang bertanggung jawab atas masalah keamanan nasional.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China juga mengatakan, Washington harus menjelaskan alasan ledakan vinil klorida, mengacu pada penggelinciran kereta pada 3 Februari di Palestina Timur, Negara Bagian Ohio, yang membawa bahan kimia dan bahan mudah terbakar, dengan vinil klorida, dan menyebabkan kebakaran besar dan asap ke langit dan di atas kota.

Wang juga menuntut AS menjelaskan tiga objek yang ditembak jatuh setelah insiden balon. Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Kamis bahwa tiga objek udara yang jatuh di wilayah udara Amerika dan Kanada "kemungkinan besar" adalah balon milik perusahaan atau institusi swasta. 

Benda-benda itu ditembak jatuh oleh jet AS segera setelah ditemukannya balon pengintai yang dicurigai China, yang diturunkan di lepas pantai negara bagian Carolina Selatan pada 4 Februari setelah melintasi benua AS, termasuk situs militer sensitif itu. 

Washington yakin kemungkinan melakukan pengawasan terhadap fasilitas tersebut.

(red.bs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini