Breaking News

Aksi Seorang Bidan Bantu Persalinan Warga yang Melahirkan di Atas Perahu



Konawe Selatan, reporter.com - Aksi heroik dilkukan Isma, seorang bidan di wilayah pesisir. Dia membantu persalinan warga yang melahirkan di atas perahu, Desa Wawosunggu, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan. 

Usai persalinan, bayi perempuan dan ibunya langsung dibawa ke Puskesmas Moramo, dalam keadaan sehat.

Kepada wartawan, Isma mengatakan, berawal dari Kokom, warga Desa Wawosunggu yang hendak melahirkan. Dia bersama keluarga lalu mendampingi Kokom untuk melahirkan dan dibawa ke puskemas.

"Kami naik perahu bermesin menuju puskesmas dengan menempuh jalur laut dengan jarak lebih 30 menit," katanya, kepada wartawan, Selasa (7/2/2023). 

Tetapi saat berada di tengah laut, perahu yang mereka tumpangi mogok. Alhasil, mereka harus menunggu pertolongan perahu lain milik warga sekitar untuk didorong agar segera sampai. 

"Sebelum sampai di puskesmas, sang ibu sudah keburu melahirkan di atas perahu. Bayinya perempuan dan ibunya juga sehat. Saat ini sudah dibawa ke Puskesmas Moramo dan sudah dibolehkan pulang," jelasnya.

Bayi tersebut merupakan anak ketiga dari pasangan suami istri Kokom dan Idul, warga Desa Wawosunggu. 

Untuk diketahui, bagi warga pesisir di Kabupaten Konawe Selatan, lalu lintas laut merupakan yang utama. Untuk ke puskesmas, warga pesisir harus menyeberangi laut dengan perahu bermesin, berjarak 30-40 menit. (red.bs)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini