Breaking News

Ada Peringatan Apa Pada Tanggal 2 Februari 2023 ?

 

Jakarta, reporter.com - Tanggal 2 Februari 2023 jatuh pada hari Kamis. Pada hari ini, terdapat peringatan Hari Lahan Basah Sedunia.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 2 Februari 2023.

Hari Lahan Basah Sedunia

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati secara global pada tanggal 2 Februari setiap tahun. 

Hari ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya lahan basah bagi dunia dan keragaman kehidupan yang ada di dalamnya. 

Hari Lahan Basah Sedunia pertama kali diselenggarakan oleh sekelompok pecinta lingkungan yang ingin merayakan dan melindungi lahan basah pada 1997. 

Tanggal 2 Februari dipilih untuk menandai tanggal ketika Konvensi Lahan Basah disusun dan disetujui oleh negara-negara peserta sidang yang digelar di kota Ramsar, Iran, pada 1971.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) kemudian mengakui upaya para pecinta lingkungan dan pentingnya melindungi lahan basah ini sehingga secara resmi menetapkan Hari Lahan Basah Sedunia untuk dirayakan secara global pada 2021.

Selain untuk menyebarkan informasi tentang pentingnya lahan basah, Hari Lahan Basah Sedunia juga bertujuan untuk mendorong masyarakat dan pemerintah untuk mengambil tindakan dalam mencegah hilangnya lahan basah.

Para pencinta lingkungan menggunakan hari ini untuk menyebarkan informasi tentang Lahan Basah dan apa yang dapat dilakukan orang untuk melindunginya. 

Sebagaimana diketahui, lahan basah merupakan rumah bagi tumbuhan unik, ikan, reptil, mamalia, amfibi, dan burung, dan hewan lain. 

Lahan basah juga sangat bermanfaat, antara lain mencegah erosi tanah dan memberikan perlindungan terhadap banjir. 

Selain itu, lahan basah juga dapat memurnikan air. Di beberapa tempat, lahan basah dibuat secara artifisial untuk memurnikan air limpasan industri.

Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis

Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis diperingati pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya. 

Hari ini dicetuskan oleh The Rheumatoid Patient Foundation pada 2013 dengan tujuan untuk menyebarkan kesadaran tentang penyakit tersebut. 

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyerang sendi dan menyebabkan peradangan serta kondisi berbahaya lainnya. 

Rheumatoid arthritis juga merupakan salah satu kondisi autoimun yang paling umum ditemukan di dunia.

Hingga kini, belum ada obat untuk menyembuhkan kondisi ini. Namun, pengobatan yang tepat dapat membantu mengatasi gejala dan menghambat perkembangan rheumatoid arthritis.

Dengan adanya hari kesadaran ini diharapkan dapat menyebarkan kesadaran tentang bahaya rheumatoid arthritis dan bagaimana melawan kondisi tersebut.

(red.bs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini