Breaking News

Semeru Kembali Erupsi, ketinggian Letusan 500 Meter.

   


Lumajang, reporter.com - Gunung Semeru mengalami erupsi. Eruspi terjadi pukul 05.10 WIB, Senin (24/1/2023). Saat itu ketinggian letusan 500 meter dari puncak mahameru atau 4.476 meter di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya," kata Mukdas Sofian, Petugas Pos Pantau Gunung Semeru, dalam keterangannya yang dilihat waetawan.

Dia menambahkan erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 100 detik.

PVMBG merekomendasikan warga mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

"Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," tambahnya.

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.

"Sebab berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak," tegasnya.

Selain itu tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Dan tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

(red.Df)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini