Breaking News

Lupa Matikan Tungku Saat Memasak Air ,Sebuah Gudang Kayu di Jombang Kebakaran

  



Jombang, reporter.com  – Kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Jombang. Kali ini terjadi di sebuah gudang kayu yang ada di Dusun Kalibening Desa Tanggalrejo Kecamatan Mojoagung, Minggu (22/1/2023). Gudang tersebut berada di samping TPQ (Taman Pendidikan Alquran) Nurul Islam.

Gudang tersebut berisi bahan-bahan untuk dekorasi panggung seperti triplek dan kayu. Biasanya digunakan untuk pengajian Majelis Zikir Al Hikmah. Seluruh perabotan di gudang tersebut ludes dilalap api. “Ini milik Abah Nur Slamet. Beliau pengasuh di TPQ tersebut,” ujar Kepala Desa (Kades) Tanggalrejo Dimas Wahyu Ramadhona.

Dimas menjelaskan, kejadian itu berawal ketika salah satu santri sedang memasak air menggunakan tungku di gudang tersebut. bahakan bakar yang digunakan adalah kayu. Namun di tengah itu, tiba-tiba ada kabar warga setempat meninggal dunia. Santri tersebut langsung bergegas untuk membantu mengurus jenazah.

Dia tidak sadar meninggalkan api yang masih menyala di tungku perapian. Beberapa kemudian warga kembali heboh. Karena muncul asap tebal dari gudang tersebut. Lidah api menjilat-jilat seisi gudang. Berawal dari bawah, api kemudian menjalar ke dinding dan atap.

Awalnya, warga melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya seperti ember dan timba. Namun kuatnya embusan angin membuat api cepat berkobar. Apalagi di dalam gudang tersebut berisi peralatan berbahan kayu. Api berhasil dipadamkan ketika satu unit mobil damkar (pemadam kebakaran) dari pos Mojoagung Jombang ke lokasi.

“Api berhasil dipadamkam. Tapi kondisi gudang sudah jadi arang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 20 juta. Karena gudang tersebut berisi peralatan yang digunakan untuk panggung (dekorasi) pengajian,” pungkas Kades Tanggalrejo.

Kapolsek Mojoagung Jombang Kompol Bambang Setyo Budi, membenarkan adanya kebakaran tersebut. Saat itu petugas dari Polsek Mojoagung sedang melakukan penyekatan di jalan raya. Kemudian mendapatkan informasi tentang adanya kebakaran gudang di Dusun Kalibening Desa Tanggalrejo.

“Kami juga turun ke lokasi. Lalu meminta keterangan sejumlah saksi. Penyebab kebakaran karena adanya kelalaian. Saat memasak air, api dalam tungku yang masih menyala ditinggal. Karena ada warga yang meninggal. Beberapa saat kemudian api berkobar melalap gudang berbahan kayu itu. Korban jiwa nihil,” ujar mantan Kapolsek Jombang ini. 

(red.Df)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini