Breaking News

Jokowi Resmi Memulai Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

 


Jakarta, reporter.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi mengumumkan dimulainya kick off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. Pengumuman disampaikan langsung Jokowi di depan warga di Bundaran Hotel Indonesia atau Bundaran HI, Jakarta Pusat.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini secara resmi saya nyatakan kick off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dimulai," kata Jokowi, Ahad, 29 Januari 2022.

Jokowi hadir ditemani sejumlah pejabat. Mulai dari Penjabata Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Jokowi menyampaikan bahwa sebelumnya, Indonesia telah menjalankan presidensi G20 dengan baik. Lalu tahun ini, Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah situasi global yang sangat tidak mudah. "Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semua, perang, semua sedang terjadi," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Akan tetapi, Jokowi meyakini ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat dan kawasan. Ia yakin ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik. "ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN matters: epicentrum of growth," ujarnya.

Sebelumnya pada 13 November 2022, Indonesia telah menerima estafet keketuaan ASEAN dari Kamboja. Dengan begitu, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023.

Penyerahan keketuaan tersebut berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu, 13 November 2022. Secara simbolis, Jokowi menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN.

“Sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun 2023. Keketuaan Indonesia akan menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” ujar Jokowi saat itu. (red.Df)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini