Breaking News

Demo Buruh Hari Ini Tolak Perpu Cipta Kerja, Massa: Semoga Hati Pemerintah Terbuka

Jakarta, reporter.com - Massa demo buruh menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Cipta Kerja atau Perpu Cipta Kerja, upah minimum, dan KUHP mulai berkumpul di depan Pintu Irti Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Rapatkan barisannya. Sekali lagi saya perintahkan rapatkan barisan," teriak seorang pedemo dari mobil komando, pada Sabtu, 14 Januari 2023. Pendemo mengklaim massa yang datang berunjuk rasa sekitar sepuluh ribu orang. 

Massa berkumpul di depan pintu Monas. Pedemo akan bertolak menuju Istana Negara. Pantauan kami, di depan Patung Kuda, polisi mulai berdiri dan mengatur lalu lalang kendaraan. Beberapa mobil polisi terparkir di depan pintu Monas menghadap Istana.

Para buruh yang mengenakan pakaian jingga ini mulai berkumpul di depan dua mobil komando. "Hari ini kita datang untuk menolak UU KUHP," kata Ketua Partai Buruh Exco Kalimantan Barat, Muslimin. 

Muslimin bersama perwakilan buruh sejak 11-17 Januari 2023. Hari ini, kata Muslimin, demo buruh ini berfokus menolak UU KUHP. Muslimin datang bersama 22 buruh dari Kalimantan Barat. 

Selain itu, kata Muslimin, buruh tetap menyuarakan penolakannya terhadap UU Cipta Kerja karena merugikan mereka. Misalnya parah buru pekerja di-PHK dengan mudah, cuti haid, cuti melahirkan bagi perempuan tidak dibayarkan, dan outsourcing berkepanjangan, PHK dipermudah. "Itu yang ditolak oleh Partai Buruh," katanya.

Ketua Exco Partai Buruh Provinsi Sulawesi Tengah, Lukiustodama, buruh berharap demo ini bertujuan membuka hati pemerintah agar benar-benar apa yang diperjuangkan buruh didengar dan disetujui oleh pemerintah lewat aspirasi para buruh.  "Karena UU Cipta Kerja ini sangat merugikan para buruh," kata Lukiustodama, yang juga Ketua DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Perwakilan Buruh Sulawesi Tengah yang datang ke Jakarta berjumlah 13 buruh.

Demo menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Cipta Kerja atau Perpu Cipta Kerja di depan Istana Negara pada Sabtu pekan ini, 14 Januari 2023. Mereka yang akan datang tergabung dalam Partai Buruh, Serikat Buruh, dan Serikat Petani.

Polisi Tutup Jalan di Patung Kuda Arah Harmoni

Polda Metro Jaya melakukan penutupan jalan di Kawasan Patung Kuda arah Harmoni pada pagi ini pukul 8.35 WIB. Penutupan jalan ini imbas rencana demo buruh.

“Dikarenakan akan ada kegiatan penyampaian pendapat di Sekitar Bundaran Patung Kuda Jakarta Pusat. Bagi pengguna jalan agar mencari Jalur Alternatif lain,” tulis akun Twitter resmi Traffic Management Center Polda Metro jaya @TMCPoldaMetro, Sabtu, 14 Januari 2023. (Hum.Ry)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini