Breaking News

Aksi Polisi Bertindak Brutal Kepada Pria Kulit Hitam, Berujung Fatal Korban Meninggal Tiga Hari Kemudian

Washington, reporter.com - Para petugas polisi Memphis, Amerika Serikat (AS) , bertindak brutal terhadap pria kulit hitam yang awalnya dianggap melanggar lalu lintas. Kekerasan itu berujung fatal karena korban meninggal tiga hari kemudian. 

Beberapa video yang dirilis kepolisian pada Jumat mengungkap bahwa Tyre Nichols (29) dipukuli hingga tak berdaya dan kemudian ditendang wajahnya. 

Tak hanya itu, salah seorang petugas polisi juga berlutut di atas pria kulit hitam tersebut saat kondisinya melemah akibat pemukulan. 

Cuplikan bodycam juga menunjukkan Nichols terkapar tak berdaya di tanah, dengan sedih berteriak tiga kali: "Mom!" saat petugas mengarahkan pukulan dan tendangan ke wajahnya. Dia meninggal di rumah sakit pada 10 Januari, tiga hari kemudian.

Yang terpanjang dari empat video berasal dari kamera di atas tiang listrik di kota AS bagian selatan. Itu berlangsung 31 menit dan tidak ada suara. 

Dua menit kemudian, petugas polisi terlihat menganiaya Nichols di tanah. Saat seseorang berlutut di tubuhnya, petugas lain menendangnya berulang kali.

Petugas terlihat mengarahkan beberapa tendangan ke wajah Nichols. Setelah pukulan berulang kali, para petugas mengangkat Nichols ke posisi berdiri, menopangnya sambil memukulinya dengan kepalan tangan hingga dia jatuh ke aspal--ketika mereka mengarahkan dua tendangan lagi ke wajahnya.

Dia tertelungkup di tanah. Seorang petugas kemudian menariknya dan menempatkannya dalam posisi duduk.

Menit-menit berlalu dengan Nichols dalam penderitaan yang jelas. Setidaknya enam petugas berkeliaran. Seseorang menyorotkan senter ke Nichols meskipun pemandangannya diterangi dengan cukup baik oleh lampu jalan. 

Dalam satu bagian yang diperpanjang, tubuh merosot Nichols disandarkan duduk di tanah di depan mobil polisi, kepalanya terkulai ke dada dan kaki di depannya. Bagian atasnya berulang kali jatuh ke tanah--hanya untuk ditopang lagi oleh polisi yang hadir. 

Lebih banyak petugas muncul. Mereka berseliweran, mengitari tempat kejadian, menunggu teknisi medis darurat muncul. 

Tidak ada momen yang jelas ketika menjadi jelas bahwa pukulan terhadap Nichols akan berakhir dengan mengorbankan nyawanya.

Tiga video lainnya yang dirilis oleh Departemen Kepolisian Memphis semuanya dari kamera dada petugas dan menawarkan perspektif yang berbeda.

Salah satunya, petugas menangkap Nichols setelah melakukan pengejaran. Beberapa petugas kelelahan. 

Nichols disematkan di tanah. "Saya tidak melakukan apa-apa," kata Nichols terengah-engah. "Anda tidak melakukan itu, oke?" jawab seorang petugas polisi.

"Naik ke tanah!" kata seorang petugas memerintahkan. 

Dalam video dramatis lainnya, petugas menembakkan Taser ke Nichols tetapi dia melarikan diri. Polisi mengejarnya, meneriakkan kata-kata kasar. 

Seorang petugas merica menyemprot Nichols, menaklukkannya.

Video keempat berisi adegan petugas yang tertinggal setelah Nichols melarikan diri. 

Seorang petugas berbicara melalui radio kepada petugas polisi: "Pria kulit hitam muda, tubuh langsing, jeans biru, dan hoodie."

Petugas saling memberi air dari botol air. Seseorang membungkuk karena kelelahan, tangan di atas lutut. Yang lain tampaknya menggulung kabel dari Taser yang ditembakkan ke Nichols kembali ke gulungannya. 

"Saya harus menemukan kacamata saya," kata seorang petugas, terengah-engah. Rekaman kemudian menunjukkan dia mengambil kacamatanya dari jalan di mana mereka jatuh.

Berbicara dalam konferensi pers yang emosional Jumat pagi, ibu korban; RowVaughn Wells, memanggil petugas yang katanya memukuli putranya. "Terlanjut menjadi bubur. Anda mempermalukan keluarga Anda sendiri ketika Anda melakukan ini," katanya.

Presiden Joe Biden, yang telah bergabung dengan pejabat lokal dalam menyerukan protes agar tetap damai, berbicara dengan Wells Friday untuk menyampaikan belasungkawa dan memuji "keberanian dan kekuatan keluarga."

"Ibu pria itu jelas sangat kesakitan," kata Biden, menambahkan bahwa dia telah mengajukan permohonan yang sangat kuat untuk protes damai. (red.bs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini