Breaking News

UNS Berhasil Raih Tujuh Penghargaan Anugerah Diktiristek 2022

 

Solo, reporter.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meraih tujuh penghargaan sekaligus dalam Anugerah Diktiristek 2022 di pengujung tahun ini. Di samping itu, salah satu perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) di Indonesia ini juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Anugerah Diktiristek merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Selain perguruan tinggi, badan publik lain yang memperoleh penghargaan adalah badan usaha milik negara, lembaga non-struktural, lembaga negara dan lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah provinsi, kementerian, dan partai politik. 

Di antara tujuh penghargaan yang diraih UNS itu adalah Anugerah Humas Diktiristek kategori Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTNBH), yakni Gold Winner Siaran Pers, Silver Winner Majalah, Silver Winner Video Profil, dan Silver Winner Media Sosial.

UNS juga meraih predikat Terbaik 2 Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan SPADA Awards Sub Kategori Perguruan Tinggi dengan Kontribusi Mata Kuliah Terbanyak. 

Lalu ada penghargaan Anugerah Sumber Daya Academic Leaders Tahun 2022 Sub Kategori Dosen Bidang Sosial dan Humaniora yang diberikan kepada Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS, Irwan Trinugroho.

Selain itu, UNS juga menyabet Bronze Winner Anugerah Kerja Sama Diktiristek Sub Kategori Pertumbuhan IKU 6 Terbaik.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam, kepada Rektor UNS, Jamal Wiwoho, di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Kamis malam, 15 Desember 2022.

Ditemui awak media di rumah dinasnya, Jumat, 16 Desember 2022 siang, Jamal mengemukakan dari tujuh penghargaan yang berhasil diborong UNS dari Ditjen Diktiristek itu empat di antaranya disumbang oleh Bagian Humas. "Dalam hal ini, saya mengapreasi kinerja Humas," ucapnya. 

Jamal mengatakan UNS bersaing dengan sejumlah perguruan tinggi yang berstatus badan hukum, seperti UI, ITB, ITS, IPB, Unair, Undip, dan USU.

Adapun penghargaan dari Komisi Informasi Pusat diraih UNS pada 14 Desember 2022. Dalam penghargaan ini, UNS dinyatakan sebagai Badan Publik Informatif Kategori Perguruan Tinggi Negeri tahun 2022. 

"Ini kali pertama UNS mendapatkan predikat sebagai badan publik informatif. Sebelumnya, UNS mendapatkan predikat cukup informatif. Sedangkan untuk tahun ini dalam penilaian yang dilakukan, UNS mendapatkan skor 95,70. UNS dinilai mampu memberikan sebuah penjelasan dan komunikasi ke publik sebaik mungkin. Jadi UNS dinilai sebagai perguruan tinggi yang informatif," katanya.

Kepala UPT Humas dan Media UNS, Deddy Whinata, menambahkan bahwa UPT Humas dan Media UNS berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan dan menyajikan informasi kepada publik. “Terima kasih atas dukungan dan doa dari semua pihak sehingga UNS mampu meraih penghargaan ini. Terima kasih juga rekan-rekan media atas kerja samanya selama ini,” kata Deddy. (Hum.Ry)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini