Breaking News

Tak Hanya Banjir, Tiga Desa di Sukanagara Cianjur Dilanda Longsor.

   




Cianjur, Reporter.com (17/12/2022)  - Ratusan rumah di lima desa di Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terendam banjir bandang, Jumat 16 Desember 2022. Namun selain banjir, bencana longsor juga terjadi di tiga titik di kecamatan tersebut. Akibatnya satu rumah tertimbun dan akses jalan lumpuh sementara. 

Camat Sukanagara, Robby Erlangga, mengatakan, bencana banjir terjadi di lima desa yang dilalui Desa Cibala yang meluap, yakni Desa Sukanagara, Sukamekar, Sukalaksana, Sukarame, dan Gunungsari.

"Dari lima desa tersebut, ada ratusan rumah yang terendam, terutama pemukiman yang berada di daerah sempadan sungai. Tapi untuk data pastinya masih assesmen," kata dia.

Robby mengatakan selain dilanda bencana banjir, terjadi longsor di tiga lokasi di Kecamatan Sukanagara. Salah satunya terjadi di Desa Ciguha dimana longsor mengakibatkan satu rumah tertimbun.

"Di Ciguha ada satu rumah tertimbun, tapi hanya bagian belakang rumahnya. Tidak ada korban, tapi rumah rusak sedang," kata dia. 

Selain itu, lanjut Robby, longsor juga terjadi di Kampung Ciagra Desa Sukalaksana dan Desa Gungungsari. Dua titik longsor tersebut mengakibatkan akses kendaraan lumpuh sementara.

"Longsor di Desa Sukalaksana menutup akses Sukanagara-Kadupandak, sedangkan longsor di Desa Gunungsari menutup akses antardesa di Sukanagara," tuturnya. 

Dia mengaku sudah berkomuniasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jawa Barat dan Kabupaten Cianjur untuk membersihkan material longsoran, sehingga akses jalan bisa kembali dilalui kendaraan. 

"Sudah kami informasikan ke PUPR, supaya secepatnya menurunkan alat berat. Sehingga jalan bisa secapatnya dilalui," kata dia. (hum.ry)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini