Breaking News

Remy Sylado Meninggal, PARFI Kehilangan.

  


JAKARTA, Reporter.com  (12/12/2022)  Aktor sekaligus sastrawan kenamaan tanah tanah air, Japi Panda Abdiel Tambajong atau akrab disapa Remy Sylado, meninggal dunia pada Senin (12/12) siang ini. Dia diketahui sudah cukup lama mengalami sakit stroke dan hernia.

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh sahabatnya, Evry Joe yang kini juga menjabat sebagai Ketua Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI).

Dia mengatakan, kondisi Remy Sylado beberapa waktu terakhir sebenarnya masih baik, bisa berbicara. Namun almarhum sudah tidak dapat berjalan dan hanya bisa berbaring di tempat tidur.

"Beliau sakitnya sudah lama, sempat keluar masuk rumah sakit. Lancar komunikasinya,” ujar Evry Joe, Senin (12/12).

Menurut Evry Joe, Remy Sylado merupakan seniman serba bisa. Dia juga seorang budayawan, novelis, penulis cerita film, hingga puisi.

“Bagi saya beliau juga aktor besar Indonesia. Selama bersahabat dengan beliau, saya sangat mengagumi beliau. Beliau seniman serba bisa, pencipta lagu, menulis cerita film, novel, puisi,” katanya.

Dia juga mengungkapkan, PARFI ikut berduka dan merasa kehilangan atas meninggalnya Remy Sylado yang menutup lembaran hidup di usia 77 tahun.

“Kami dari PARFI mengucapkan selama jalan. Semoga karya-karya yang kau tinggalkan menjadi ladang amal. Semoga karya-karyamu menjadi pelajaran untuk kami,” katanya.

Remy Sylado memang sudah cukup lama menderita sakit stroke dan hernia. Pada bulan Januari 2022, dia sempat dilarikan ke rumah sakit menjalani operasi hernia atas bantuan yang diberikan dari Pemprov DKI Jakarta. Anies Baswedan yang kala itu masih menjadi Gubernur Jakarta juga sempat datang secara langsung untuk menjenguk Remy.

Emmy Tambayong, istri Remy Sylado, mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta. Namun saat itu dia sempat mengeluh karena bantuan yang diberikan tidak sampai menangani penyakit suaminya sampai tuntas. Pengobatan hanya menyentuh penyakit hernia saja.

“Pak Anies (Baswedan) waktu itu ngomong harus tuntas, sampai sembuh pengobatannya. Tapi ini gimana. Dia belum bisa duduk karena belum ada penanganan stroke-nya,” tutur Emmy kala itu. (hum.ry)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini