Breaking News

Pilkades Serentak 2022 di 13 Kecamatan Kabupaten Kediri


Kabupaten Kediri,  reporter.com (08/12/2022) – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Pilkades  Serentak 2022 pada Rabu, 07/12/2022. Pilkades tersebut diselenggarakan di 57 desa dalam 13 kecamatan.Dari 57 desa yang menyelenggarakan pilkades, ada 157 calon kepala desa dan 47 diantaranya merupakan calon petahan.

Untuk memastikan Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Kediri berjalan lancar dan damai, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkades serentak.

Pemantauan dilakukan langsung ke tempat pemungutan suara (TPS) bersama unsur Forkopimda untuk memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar.

Untuk memecah konsentrasi warga agar tidak terjadi kerumunan saat melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), panitia pilkades memperbanyak jumlah TPS di tiap-tiap desa dengan jumlah total TPS sebanyak 530 dengan jumlah pemilih 233.891 jiwa.

Salah satunya Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri yang juga melaksanakan Pilkades. Dengan jumlah calon sebanyak dua orang dan jumlah pemilih yang tergolong cukup banyak hampir 1900 jiwa dengan 5 TPS yang tersebar di dua dusun se wilayah Desa Toyoresmi, Kecamatan Ngasem.

Plt Camat Ngasem Mohamad Imron yang juga Camat Pagu Kabupaten Kediri melakukan monitoring di dua desa yaitu Desa Toyoresmi dan Desa Wonocatur Kecamatan Ngasem  bersama Forkopimcam.



Di kedua lokasi tersebut, Camat Ngasem memonitoring kesiapan panitia dalam mensukseskan pelaksanaan pilkades serentak Th 2022 dengan Tertib Aman serta lancar.

Ditempat yang sama juga hadir Sukadi,SE.MM., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekertariat Kabupaten Kediri.

Saat dikonfirmasi awak media Sukadi menyampaikan, “Saya bersama jajaran Pemprov Jatim Serta Pejabat BPJS, Rabu (7/12/2022) mengecek langsung, bahwa tugas kita pada pemerintah Kabupaten Kediri memastikan pelaksanaan pilkades serentak berjalan dengan lancar dan aman”.

“Untuk hak pilih, sesuai amanah dari Mas Bupati Kediri yang disampaikan, telah mencoblos rata-rata sudah mencapai 70 persen bahkan tadi pada TPS sebelumnya desa Toyoresmi sudah mencapai 90 persen lebih saat kami tiba ditempat ini. Hal tersebut menandakan antusiasme masyarakat untuk memilih kepala desanya cukup baik,” pesan Mas Bupati melalui Asiten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekertariat Pemerintah Kabupaten Kediri.

“Pesan saya kepada kepala desa yang terpilih nantinya bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan selalu bekerja dengan hati”, pungkas Sukadi.

Akshon, SH.,M.Hum salah seorang  warga Tokoh Muda yang juga dikenal sebagai Advokat ini dirinya berharap siapapun nanti yang terpilih menjadi kepala desa ayo bersama warga memajukan desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem.

“Yang terpenting selalu guyub rukun jangan sampai ada perpecahan. Seduluran Selawase. Desa Toyoresmi Tambah Maju,” harapnya.

Hasil pantuan awak media, pilkades diwilayah Kecamatan Wates Kabupaten Kediri berjalan dengan aman dan lancar.

Ketua Panitia Pilkades Desa Jagul Kecamatan Wates Bagus S.Pd.,M.Pd., menjelaskan, kami sebagai panitia sangat mendukung digelarnya Pilkades damai agar warga desa Jagul ini selalu hidup rukun satu sama lain.

“Sebagai panitia saya lakukan hal yang sederhana dengan sering mengumpulkan para calon kepala desa, walaupun hanya ngopi bersama. Disela-sela ngopi bersama tersebut kita ngobrol bagaimana tercipta suasana dingin dan damai sebelum dan sesudah pilkades serentak,” jelasnya.

(hum)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini