Breaking News

Perbaikan Jembatan Kali Cisadane Kelar Bisa Dilintasi Kendaraan Besok

 





Bogor, reporter.com- Perbaikan tebing longsor di ujung jembatan Sungai Cisadane, Jl Darul Quran, Bogor Barat, Kota Bogor, kini telah rampung. Akses terdekat menuju RSUD Kota Bogor ini bisa dilintasi untuk kendaraan mulai besok.
"Alhamdulillah sudah selesai, sudah 100 persen. Rencananya besok (Sabtu, 31/12) mulai dibuka untuk kendaraan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor Chusnul Rozaqi, Jumat (30/12/2022).

"Iya, untuk semua kendaraan, roda dua maupun roda empat. Insyaallah dibuka secara resmi sama Pak Wali Kota, Pak Bima Arya, besok," tambahnya.

Pantauan wartawan di Jl Darul Quran, aspal yang sempat dibongkar karena proses perbaikan kini sudah diganti dengan beton dan rampung diaspal hotmix. Tebing yang sebelumnya longsor kini sudah dipasangi penahan menggunakan sheet pile atau turap yang terbuat dari beton.

Di atas tebing yang sebelumnya longsor kini dibangun tembok pembatas setinggi kurang lebih 2 meter. Tampak masih ada pekerja yang sedang merapikan tembok dan pengecatan.

"Secara keseluruhan, pengerjaan fisik sudah selesai. Ini tinggal plester tembok, sama ada pengecatan sedikit di penutup lintasan air, sore ini juga selesai. Untuk jalan sama tebing sudah aman, sudah selesai semua," kata pengawas proyek perbaikan Jl Darul Quran, Ade Rifai, ditemui di lokasi.

Ade memastikan kondisi tebing sudah lebih kokoh dari sebelumnya karena penahan tebing menggunakan sheet pile yang terbuat dari beton. Jalur lintasan kendaraan juga aman sekalipun dilintasi kendaraan berat.

"Kalau tebing sekarang lebih kuat ya, kan sudah pakai penahan, pakai beton kan bahannya. Ya hitungan kita lebih kuat. Tetapi, kalau bencana alam, kan lain lagi, itu di luar kuasa kita," kata Ade.

"Untuk jalur juga sudah aman buat kendaraan berat. Jadi kalau besok mau dibuka juga memang sudah siap. Kan sebenarnya jalan memang sudah siap dilintasi dari awal minggu ini, tapi mungkin orang Pemkot maunya biar lebih aman dan rapi, jadi baru dibuka mulai besok," tambahnya.

Jl Darul Quran, Bogor Barat, Kota Bogor, ditutup sejak 4 Oktober 2022. Penutupan dilakukan imbas tebing setinggi 15 meter di ujung jembatan Cisadane mengalami longsor.

Sejak kejadian longsor, akses utama dan terdekat menuju RSUD Kota Bogor ini ditutup karena proses perbaikan.

Kendaraan tujuan Jl Dr Semeru atau kawasan RSUD Kota Bogor, Yasmin, hingga Salabenda harus memutar ke kawasan Merdeka atau Terminal Bubulak. Penutupan Jl Darul Quran juga berimbas terjadinya kemacetan di banyak titik setiap jam sibuk, terutama pada pagi dan sore.

(redRz)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini