Breaking News

Bupati Jember Pastikan Harga dan Persediaan Aman Jelang Nataru.

  


JEMBER, Reporter.com (11/12/2022) – Menjelang hari-hari besar seperti natal dan tahun baru (Nataru), bahan makanan pokok dan penting (Bapokting) biasanya mengalami kenaikan harga. Mengantisipasi itu, Bupati Jember Hendy Siswanto melakukan sidak pasar tradisional di Jember.

Sidak dilakukan kemarin pagi (10/12) di dua pasar. Diantaranya, Pasar Tanjung dan Pasar Mangli. Bupati Hendy menjelaskan, hal itu dilakukan untuk menjaga harga Bapokting tetap stabil. Juga memastikan ketersediaannya ada dan tidak langka. Selain itu, sebagai langkah untuk mengendalikan inflasi dearah.

Hal itu seperti yang sudah dilalukan Dinas Perdagangan (Disperindag) Jember beberapa hari sebelumnya. Secara rutin, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, terus mengawal dan mengawasi harga-harga yang beredar di pasar tradisional. Bahkan operasi dan pasar murah digelar dalam rangka menyeimbangkan harga. “Kita akan mengadakan rapat dengan tim pengendali inflasi daerah,” ucapnya.

Tentunya sidak dan operasi pasar untuk memastikan agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan Bapokting yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, di hari-hari besar rawan terjadinya kenaikan harga dan keterbatasan stok. Dalam sidak tersebut, Bupati Hendy menyisiri pasar juga sesekali menghampiri pedagang dan mengajak berbincang-bincang.

Sementara itu, Kapolres Jember AKBP Herry Purnomo menyebut bahwa harga sembako atau Bapokting di kedua pasar tersebut masih dalam tataran stabil. Seperti beras, minyak goreng, ayam, bawang merah, bawang putih, hingga telur. “Harga dan persediaan bahan pokok pangan normal-normal saja,” jelasnya saat ikut mendampingi Bupati Hendy.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan terhadap pedagang nakal. Maupun oknum-oknum yang melakukan penimbunan sembako hingga Nataru. Meski saat ini dinilai masih cukup aman.

Saat berbincang dengan para pedagang, tambahnya, stok di pasar masih terpantau cukup sampai Nataru berakhir. Pemantauan harga dan ketersediaan akan terus dikakukan. “Kita berharap ketersediaan pasokan yang aman dan harga yang terjangkau,” timpalnya. (hum.ry)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini