Breaking News

Bali Harapkan 11 Ribu Kunjungan Wisatawan Mancanegara Per Hari Hingga Akhir Tahun


Bali, reporter.com - Dinas Pariwisata Provinsi Bali mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 11 ribu orang per hari. Jumlah itu diharapkan akan terus bertahan hingga akhir tahun ini.

"Kami optimistis pada angka 11-12 ribu wisman per hari. Setelah KTT G20, kunjungan wisman di bandara masih tetap ramai," kata Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun di Denpasar, Selasa, 6 Desember 2022.

Menurut Pemayun, jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai rata-rata sudah di atas 10 ribu orang per hari. Jumlah itu diharapkan dapat terus naik seiring berbagai promosi dan pendekatan yang dilakukan oleh pemerintah.

Misalnya, Bali telah berkomunikasi dengan Konsulat Jenderal Cina untuk mendorong kedatangan wisatawan dari negeri tirai bambu. "Kami berharap wisatawan dari Cina bisa segera ke Bali," kata Pemayun.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, jumlah wisatawan mancanegara yang datang langsung ke Pulau Dewata pada Oktober 2022 tercatat sebanyak 305.244 kunjungan. Jumlah itu naik dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebanyak 291.162 kunjungan.

Saat ini, menurut Pemayun, wisatawan mancanegara yang masuk Bali didominasi dari Australia. Pada Oktober, jumlah wisman Australia yang datang sekitar 28,18 persen dari total keseluruhan.

Adapun wisatawan mancanegara yang datang ke Bali mengunjungi sejumlah destinasi populer Pulau Dewata, seperti Garuda Wisnu Kencana, Desa Wisata Penglipuran, Tampak Siring, Goa Gajah, Taman Ayun, Candi Dasa, Lovina dan sebagainya. Sedangkan wisatawan domestik biasanya memilih ke Bedugul maupun Kintamani. (Red. Sl)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini