Breaking News

Area Rawan Longsor, Wisatawan Arah ke Bromo Di Alihkan Sementara Lewat Purwodadi.

 



PASURUAN, reporter.com –Jalur menuju wisata Gunung Bromo lewat Pasrepan di Kabupaten  Pasuruan kini hanya bisa dilalui satu arah. Menyusul longsor yang terjadi pada Rabu (28/12). Karena itu, wisatawan untuk sementara diarahkan lewat jalur Purwodadi.

Memang jalur menuju kawasan wisata internasional dari Kabupaten Pasuruan ada dua. Pertama jalur Pasrepan–Tosari yang terkenal akan pemandangan indahnya. Kemudian jalur Purwodadi–Tosari. Dua jalur itu titik temunya sama-sama di Kecamatan Tosari.

Singgih, salah seorang pelaku wisata asal Ngadiwono, Kecamatan Tosari mengatakan, wisatawan tak perlu khawatir. Untuk menuju Gunung Bromo jalur Pasuruan, sementara bisa lewat Purwodadi. Lewat jalur ini wisatawan juga bakal disuguhi pemandangan pegunungan yang indah.

“Jalur Pasrepan ada longsoran. Hanya bisa dilewati satu jalur. Lebih gampang ya lewat Purwodadi,” tuturnya.

Menurutnya, memang sempat banyak longsoran di Tosari. Tapi, sekarang kondisinya sudah normal semua. Pihak-pihak terkait telah membersihkan material longsor. “Sudah bisa dilewati semua. Jalurnya aman sekarang,” katanya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPT PJJ Probolinggo Wilayah Pasuruan Rino Wahyu mengimbau agar masyarakat yang hendak ke Bromo selalu waspada. Apalagi yang melalui jalur Pasrepan–Tosari. Ada longsoran besar Rabu (28/12).

“Waspada. Lebih aman lewat Purwodadi,” ungkapnya.

Pihaknya sendiri terus menyiagakan satu alat berat di Tosari. Tujuannya, untuk selalu stand by ketika ada kejadian longsor menutup jalan.

“Satu alat berat kami siagakan. Dan selama ini langsung teratasi ketika ada longsoran,” tandasnya.

Di sisi lain, bencana yang terjadi di Bromo membuat wisatawan harus menunda perjalanan kesana. Bahkan ada yang memilih menunda dengan bermalam di Kota Pasuruan. 

(hum.ry)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini