Breaking News

Ambulan Milik Anggota DPRD DKI Berstatus Mobil Pribadi Ditilang Polres Bogor.

 



BOGOR, Reporter.com (24/12/2022)   Satlantas Polres Bogor menegaskan bahwa mobil ambulans milik Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi NasDem, Jupiter belum memenuhi spesifikasi standar untuk menjadi mobil ambulans. Pasalnya, setelah diperiksa lebih lanjut usai dilakukan penilangan, mobil ambulans tersebut masih berspesifikasi mobil pribadi.

“Kami lihat dari STNK, fungsinya masih mobil pribadi,” ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian Novianto kepada wartawan, Sabtu (24/12).

Selain itu, kata Ardian, dilihat dari pelat nomor yang ada di mobil ambulans tersebut juga diketahui bahwa  peruntukannya masih belum untuk mobil ambulans.

“Terlihat dari pelat nomor juga, kita lihat STNK peruntukannya adalah mobil pribadi, belum untuk ambulans,” tegasnya.

Sebelumnya, mobil ambulans yang berlambang partai NasDem dengan wajah Anggota DPRD DKI Jakarta, Jupiter ditilang di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Hal itu menurut Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian Novianto terjadi lantaran mobil tersebut melanggar lalu lintas dengan cara melawan arah.

“Ada salah satu ambulans yang di belakangnya ada rangkaian bus dan kendaraan pribadi itu melawan arus dari sekitar Simpang Gadog,” ujarnya kepada wartawan, dikutip Sabtu (23/12).

Ardian mengatakan bahwa selain melawan arah, mobil ambulans yang belakangan diketahui milik Anggota DPRD Fraksi NasDem Jupiter itu juga membunyikan sirine dan rotator.

Saat dicek apakah ambulans tersebut membawa pasien sakit atau akan membawa pasien yang kemudian bisa dikategorikan sebagai kendaraan prioritas seperti dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 134 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, ternyata tidak termasuk.

“Setelah kita periksa, ternyata ambulans tersebut tidak membawa pasien sakit, namun membawa peralatan yang akan digunakan. Tadi info dari driver untuk donasi bantuan gempa,” jelas Ardian.

Namun begitu, alasan tersebut hanya kilahan sopir. Pasalnya, setelah didalami lebih jauh lagi ternyata mobil ambulans itu bukan untuk membawa donasi bantuan gempa.

“Kendaraan ambulans membawa barang untuk family gathering salah satu pengurus partai,” pungkas Ardian.

(hum.ry)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini