Breaking News

Ada 7 Menteri Kabinet Indonesia Maju Terlihat Hadiri Siraman Kaesang Pangarep di Solo


Surakarta, reporter.com - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi melakukan siraman menjelang pernikahannya di kediaman Presiden di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat pagi, 9 Desember 2022. Acara berlangsung secara tertutup dengan dihadiri segenap keluarga Presiden, sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju, dan tamu undangan lain dalam jumlah terbatas.

Sejumlah tamu undangan mulai berdatangan ke kediaman Jokowi yang berada di Jalan Kutai Timur RT 8/RW 7, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo itu sejak sekitar pukul 7.00 WIB. Di antara tamu yang hadir, tampak sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hingga Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar. 

Prosesi siraman dimulai sekitar pukul 8.00 WIB dengan dipimpin oleh Yoyok Subandrio. Rangkaian acara dibuka dengan acara sungkeman calon mempelai pria pada orangtua, Jokowi dan Iriana Jokowi. 

Prosesi dilanjutkan dengan penyerahan air siraman yang dirikim oleh utusan perwakilan calon mempelai wanita dari Yogyakarta. Air itu kemudian dicampur dengan air dari campuran tujuh sumber mata air, yakni Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Keraton Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor dan dari kediaman pribadi Presiden Jokowi.

Adapun sesepuh yang melakukan siraman kepada calon mempelai pria di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudirini, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto masing-masing beserta istri atau suami. 

Dari pihak keluarga, ada Idong Husodo, Gibran Rakabuming Raka bersama Selvi Ananda, dan Bobby Nasution dengan putri satu-satunya Jokowi, Kahiyang Ayu. Sebagai penutup, siraman dilakukan oleh Presiden bersama Ibu Negara.

Setelah siraman acara dilanjutkan dengan tata cara potong rambut calon pengantin dan bucal sukerto (buang sial). Setelah itu dilanjutkan gendongan, kaesang digendong sang ayah dan disuapi untuk terakhir kalinya oleh ibu.

Kaesang Pangarep akan menikahi Erina Gudono, besok pagi, Sabtu, 10 Desember 2022 di Pendopo Ambarrukmo, Yogyakarta pukul 13.00 WIB. Bertindak sebagai khatib nikah adalah Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan dua menteri menjadi saksi. Saksi nikah untuk Kaesang adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Adapun saksi di pihak Erina adalah Mensesneg Pratikno. (Red.Sl)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini