Breaking News

9 Warga Australia Dirawat Setelah Mengkonsumsi Bayam Beracun.

  




Sydney, Reporter.com (16/12/2022)- Australia digegerkan oleh bayam beracun yang mendorong otoritas setempat merilis peringatan kesehatan darurat. Orang-orang yang mengkonsumsinya dilaporkan sakit parah dan mengalami halusinasi.

Seperti dilansir BBC, Jumat (16/12/2022), sedikitnya sembilan orang membutuhkan perawatan medis setelah mengonsumsi bayam muda atau baby spinach produksi Riviera Farms yang dijual di Costco setempat -- pusat grosir yang menjual berbagai produk.

Otoritas kesehatan Australia menyebut gejala-gejala yang dialami orang-orang yang memerlukan perawatan medis itu cukup beragam, termasuk delirium -- gangguan mental yang ditandai ilusi, halusinasi, ketegangan otak dan kegelisahan fisik, kemudian detak jantung melonjak dan pandangan mata yang kabur.

Pihak Riviera Farm dalam pernyataannya menyebut bayam itu diyakini terkontaminasi gulma, namun menjelaskan bahwa produk-produk lainnya tidak terdampak.

Menanggapi situasi tersebut, otoritas kesehatan negara bagian New South Wales (NSW) memperingatkan bahwa paket bayam dari merek apapun dengan tanggal kedaluwarsa 16 Desember tidak aman untuk dikonsumsi dan haruslah dibuang.

Otoritas kesehatan juga mengimbau siapa saja yang mengalami gejala-gejala tidak biasa setelah mengonsumsi bayam untuk segera mencari perawatan medis di rumah sakit.

"Tidak ada yang meninggal dunia, jadi kami sangat senang dengan itu dan kami berharap tetap seperti itu, tapi orang-orang ini cukup sakit... hingga mengalami halusinasi, di mana mereka melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada," ucap Dr Darren Roberts dari Pusat Informasi Racun NSW kepada media lokal Sydney Morning Herald.

Juru bicara pihak Riviera Farms menyatakan pihaknya telah mengambil tindakan segera dan meminta toko-toko untuk memindahkan produk bayam dari rak-rak.

"Tidak ada indikasi, dan sepengetahuan saya tidak ada kemungkinan, bahwa produk-produk lainnya telah terdampak oleh gulma ini," sebut pihak Riviera Farms.

Disebutkan otoritas kesehatan NSW bahwa semua pihak yang terdampak sejauh ini berasal dari Sydney, namun otoritas negara bagian lainnya di Australia telah mendapatkan pemberitahuan. Penyelidikan terhadap bayam beracun ini masih berlangsung.(hum.ry)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini