Breaking News

Tanah Longsor Arus Lalu Lintas Dialihkan

 

Malang, reporter.com – Satuan Lalu Lintas Polres Malang memberlakukan pengalihan arus kendaraan roda empat yang menuju ke wilayah Kota Wisata Batu dari arah Karangploso, Kabupaten Malang, Sabtu (26/11/2022) malam. Pengalihan tersebut dilakukan akibat bencana tanah longsor yang menimbun wilayah Jurang Susuh, akibat hujan lebat yang mengguyur sejak siang.

Akses jalan di kawasan Jurang Susuh merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Malang dengan Batu melalui Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang dengan Desa Giripurno, Kota Batu. Masyarakat biasanya menyebut jalur Karangploso-Batu.

Jalur ini menjadi akses utama masyarakat yang bepergian dengan tujuan Malang-Batu atau pun hanya sekadar berwisata, karena lebih dekat jika diakses dari pintu exit tol Karanglo, Singosari.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan, hingga kini akses jalan alternatif Malang dan Batu itu masih ditutup, hanya bisa digunakan oleh kendaraan roda dua. “Petugas di lapangan masih melakukan penutupan jalur, hanya bisa dilalui oleh roda dua,” ucap Taufik di Polres Malang, Sabtu (26/11/2022).

 

Taufik menjelaskan, petugas menutup jalur yang mengarah ke Batu dari pertigaan Polsek Karangploso. Semua kendaraan roda empat maupun lebih diarahkan ke barat menuju jalan Panglima Sudirman kemudian mengarah pertigaan Pendem, Batu. “Semua kendaraan roda empat atau lebih tidak boleh melintas, karena lokasi tanah longsor masih berbahaya jika dilalui kendaraan besar,” tegasnya.

Menurut Taufik, petugas dari Polsek Karangploso dan Sat Lantas Polres Malang bersama dengan Polres Batu, BPBD, Tagana, serta relawan lainnya sudah disiagakan di lokasi longsor untuk mengantisipasi warga agar tidak ada yang melintas karena bisa berbahaya.

Taufik menghimbau, bagi masyarakat yang ingin bepergian ke arah Batu dari arah Malang, bisa menggunakan jalur Dinoyo – Landungsari, agar tidak terjebak kepadatan kendaraan di sekitar Karangploso. Akses Jalan Raya Giripurno kawasan Jurang Susuh ini ambles di kedua sisinya, pada Sabtu (26/11/2022) petang, sekitar pukul 17.30 WIB.

Sisi jalan ambles karena aspal di jalan tersebut tergerus akar pohon yang tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kendaraan roda empat dari arah Kabupaten Malang ke Kota Batu yang akan melewati jalur tersebut, terpaksa dialihkan belok kiri melewati jalur Karangploso-Pendem.[hum.aw]

  

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini