Breaking News

Polsek Jajaran Polres Kediri Kawal Kedatangan Rombongan PSNU Pagar Nusa



Kediri, reporter.com - Keberangkatan anggota Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa pada hari Senin(21/11/2022) dari Wilayah Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek yang akan menghadiri kegiatan pengajian Habib Syech di pondok pesantren Lirboyo Kota Kediri berjalan dengan aman dan lancar.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan menuju wilayah Kediri, personel dari Polsek Rayon Selatan Kabupaten Kediri bersama-sama melaksanakan pengawalan terhadap rombongan PSNU Pagar Nusa mulai dari perbatasan Kediri-Tulungagung yakni Kecamatan Kras hingga Kecamatan Ngadiluwih, perbatasan Kabupaten Kediri dan Kota Kediri.

Menimbang kegiatan pengajian yang akan dilaksanakan di malam hari, Polsek Rayon Selatan yang terdiri dari Polsek Ngadiluwih, Polsek Kras, Polsek Ringinrejo dan Polsek Kandat telah bersiap sejak pukul 15.30 WIB di sepanjang jalan raya Kediri-Tulungagung Kecamatan Ngadiluwih.

Giat monitoring dan pengamanan sore itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Ngadiluwih AKP Iwan Setyo Budhi SH yang didampingi ketua pimpinan anak cabang (PAC) PSNU Pagar Nusa Kecamatan Ngadiluwih, Ade Fahreza dan beberapa anggotanya. Kehadiran Ade dimaksudkan untuk membantu pihak kepolisian dalam melancarkan himbauan dan arahan yang diberikan kepada rombongan agar langsung menuju ke lokasi penyelenggaraan kegiatan dengan tertib seperti yang diungkapkan oleh AKP Iwan.



“Pengamanan dan pengawalan rombongan perguruan silat ini sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Kita juga menyiagakan personel di beberapa lokasi untuk memberikan beberapa himbauan terkait kelancaran dan keamanan keberangkatan anggota pencak silat itu, seperti di simpang empat Branggahan,” ujarnya.

Lanjut Iwan, sebelum personel diterjunkan ke jalan, seluruh personel terlebih dahulu diberi arahan dalam apel pra operasi yang dilaksanakan di halaman Mapolsek Ngadiluwih. Ia menegaskan kepada anggota untuk tetap mengedepankan perdamaian dan persaudaraan dalam menertibkan rombongan PSNU Pagar Nusa.

Sinergitas yang terjalin baik antara pihaknya dengan jajaran pengurus PAC PSNU Pagar Nusa Kecamatan Ngadiluwih ini merupakan wujud nyata kolaborasi dalam upaya menciptakan dan memelihara kondusifitas kamtibmas di wilayah Ngadiluwih. 



Sementara dari pantauan di lapangan, saat hari sudah mulai gelap, salah satu jalan protokol yang dijaga ketat oleh para petugas gabungan itu dipadati oleh ratusan kendaraan anggota PSNU Pagar Nusa. Aparat kepolisian tampak sibuk mengatur arus lalu lintas yang berjalan padat merayap.

Hal semacam ini telah menjadi tradisi para pendekar. Seperti pada kegiatan sebelum-sebelumnya, selalu diikuti dengan konvoi yang kerap menimbulkan bentrokan dengan warga ataupun dengan perguruan silat lainnya.

Secara terpisah, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho SIK mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua anggota yang telah melaksanakan pengamanan dan pengawalan tersebut, sehingga wilayah yang dilalui tetap kondusif dan terhindar dari segala bentuk gangguan. (hum.aw)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini