Breaking News

Peringati Hari Pahlawan, Polisi Kediri Gelar Pementasan Wayang Edukasi




Kediri, reporter.com Dalam rangka menyambut hari Pahlawan nasional tahun 2022, Kapolsek Pare AKP Bowo Wicaksono menjelma jadi dalang di hadapan anak-anak TK Dharma Wanita Desa Darungan.

Digelar di halaman Mapolsek Pare (Rabu 09/11/2022), pementasan wayang edukasi pagi itu berlangsung meriah dan menyenangkan. 

Pentas wayang karton menampilkan berbagai tokoh pahlawan nasional seperti Ir Soekarno, Hasanuddin, RA Kartini, Imam, Bonjol, dan pahwalan berjasa lainnya.


Berbekal hobi pada kecintaan di bidang kesenian sejak kecil, AKP Bowo dengan lihai mementaskan wayang buatan tangannya sendiri. 

Berkat penguasaan materi dan penyampaian yang menarik, anak-anak nampak antusias saat mendengarkan. Sesekali tertawa dan berceloteh riang menanggapi alur cerita.

Peralatan yang digunakan tidak muluk-muluk, sangat sederhana. Hanya wayang, pengeras suara (sound system), dan poster bergambar wajah pahlawan untuk dibagikan kepada anak-anak.


Media wayang karton sendiri dipilih karena mudah dilihat secara visual. Bentuk dan warna yang beragam mampu menarik minat untuk selalu memperhatikannya. Dengan begitu, anak dengan mudah  menangkap sosok yang ingin dikenalkan.

Disela-sela pementasan, AKP Bowo mengajukan beberapa pertanyaan seputar pahlawan yang dibalas dengan sumringah. Ia juga menyempatkan diri untuk bernyanyi bersama anak-anak, orang tua dan guru yang turut mendampingi.

Pementasan tersebut merupakan salah satu upaya Polri dalam membantu membangun karakter anak guna meneladani semangat perjuangan para pahlawan dan sarana mendekatkan diri dengan masyarakatnya.

“Pementasan wayang ini untuk mengenalkan nilai-nilai kepahlawanan sejak dini kepada anak,” ungkap Kapolsek usai bercengkrama.(hum.aw)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini